Kamis, 31 Mei 2018

SEDEKAH TERBAIK


#CeritaRamadanKu #Day11

Bismillahirahmanirrahim.

Mumpung masih Bulan Ramadan, bulan dimana Allah akan lipat gandakan ganjaran, sudah berapa kali menebar kebaikan hari ini?

Hari ke-sebelas, alhamdulillah masih diberi kesehatan, sehingga bisa menulis blog ini. Berusaha memberi hal yang berguna melalui tulisan, semoga akan menjadi amal jariyah nantinya. Aamiin.

Sebaik2 manusia adalah ia yang bermanfaat buat orang lain. Aku men-cam-kan benar hadist ini di kepalaku. Selagi Ramadan, menebar manfaatnya juga harus lebih getol. Ngeblog sebulan penuh dengan postingan2 yang bermanfaat, salah satunya.

Sumber : Google
Btw, sudah berapa orang yang kamu berikan senyum tulus hari ini? Sudah berapa banyak orang yang kamu buat lebih ceria hari ini? Ingat, senyum kita yang tulus adalah sedekah. Bayangin aja, senyum doang dihitung pahala. Wow!


Sumber : Google
Berbagi dengan orang lain memang tak melulu tentang uang, menyenangkan orang lain dengan senyuman kita, dengan kesopanan kita, dengan adab dan sikap hormat kita juga adalah berupa sedekah. Maha Pemurah Allah yang gak hitung2an ngasi kita pahala.

Eh, ngomongin soal sedekah, ternyata ada tiga sedekah yang paling utama.

Yang pertama sedekah jariyah. Duh, kalo sedekah yang satu ini, jangan ragu2 deh. Pahalanya ngalir terus sampek kita udah di balik papan, geng! Sedekah model ginian itu bisa kita dapat kalo kita membantu membangun masjid, membuatkan saluran air, atau hal lain yang memberikan manfaat secara berkesinambungan buat orang lain. Selama apa yang kita usahakan itu digunakan, maka selama itu pula pahalanya ngalr ke kita. Apa gak sedap?

Terus, sedekah yang kedua adalah sedekah dengan sembunyi2. Biar gak riya. Biar maksud dari sedekah kita gak bersayap. Iya, biar kita gak merasa kita yang paling dermawan, kita yang paling soleh, kita yang paling peduli sama fakir miskin. Kalo kita pamer sama sedekah kita, bisa jadi pahalanya malah hilang. Oh, no!

Yang terakhir, ternyata, sedekah kita kepada kerabat yang kekurangan juga adalah sedekah yang terbaik. Kenapa demikian? Karena seperti hadist yang diriwayatkan Tirmidzi, “bersedekah kepada orang miskin adalah satu sedekah, dan kepada kerabat ada dua kebaikan; sedekah dan silaturahmi.”

Intinya, kita lihat kerabat dulu. Jangan sampai kita rajin bersedekah kepada fakir miskin atau panti asuhan, atau ke masjid, tapi malah masih ada kerabat kita yang membutuhkan uluran tangan kita. Yuk, lihat siapa kira2 kerabat kita yang butuh kita lihat, kita jenguk, atau kita berikan sedekah.

Seperti apapun bentuk sedekah yang kita lakukan, semoga akan memberikan kebahagiaan buat saudara2 kita yang membutuhkan. Aamiin.

Jadi, sudahkah membuat orang lain tersenyum senang hari ini?

KENAPA ALLAH MEMBENCI PASAR?


#CeritaRamadanKu #Day10

Bismillahirahmanirrahim.

Alhamdulillah, di hari ke-10, masih dalam keadaan mamnu’ dan bisa manfaatin waktu ini buat ke pasar, belanja keperluan hari raya. Kalo dinanti2kan, takut pasarnya keburu padat, dan daku tak akan sanggup berdesak2an disana apalagi kalo udah suci alias udah puasa. Itu pasti berat, jadi biar Dilan aja. Jangan aku. -,-


Btw, ngomongin soal pasar, ternyata pasar adalah tempat yang paling dibenci Allah. dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Muslim berbunyi, “tempat yang paling Allah cintai adalah masjid, dan tempat yang paling Allah benci adalah pasar.”

Sumber : Google
Kok gitu? Bisa jadi karena di pasar banyak sekali keburukan2 yang terjadi. Bisa jadi karena kecurangan, penipuan, riba, dan lain2. Contoh kecil aja, pas lagi tawar menawar nih.

“Kak, segini aja, ya.”

“Haduh, itu harga modal pun belum sampek, kak.”

Padahal bisa jadi kalimat yang dikatakan si penjual mengandung dusta. Ini memang hal kecil, tapi tentu sudah masuk ke dalam kategori keburukan.

Belum lagi kalalaian yang sangat mungkin terjadi di pasar. Saking serunya hunting barang2 keperluan dapur dan kepentingan di hari raya nanti, kita gak sadar udah berjam2 keliling2. Kita bahkan gak tau waktu sekarang masih waktu Dzuhur atau sudah masuk waktu Ashar. Naudzubillah.

Ditambah lagi, di beberapa pasar, tempat sholatnya kecil, di sudut, kadang2 sulit dijangkau saking luasnya pasar tadi, dan mukena yang ada disana itu gadelnya udah kayak kain lap dapur. Kita tau itu, tapi jarang sekali membawa perlengkapan solat kalo belanja. Ujung2nya, dengan sedemikian rupa ke-ribet-an yang akan dihadapi kalo solat di mushola pasar, solat pun menjadi bukan prioritas. Kalo begini ceritanya, ya wajarlah ya Allah paling benci yang namanya pasar. -__-

Belum lagi kalo ke pasar yang banyak ciwi2 pake baju seksi. Biasanya sih di pasar modern nih banyak. Ke pasarnya pake celana pendek, dan kaos ketat. Hadeeeehh. Saran nih, buat para istri, kalo belanja, suaminya ditinggal aja di parkiran. Daripada banyak dosa gegara gak bisa tunduk pandang. -,-

Tapi, anyway, kita gak bisa pungkiri kalo pasar adalah tempat berniaga. Tempat mencari rezeky, tempat untuk berikhtiar mencari ridho Allah juga. Jadi jangan anti sama pasar. Jangan sampek gegara takut  dengan segala keburukan yang ada di pasar, gak jadi belanja. Kita hanya butuh menjaga diri kita dari hal2 yang kira2 dibenci Allah.
Sumber : Google

Sama satu lagi, jangan sampek karena urusan dunia, lantas kita lupa kewajiban kita. Jadi teringat baliho di sebuah masjid,

“Berapa besar gajimu, sampai berani kau tinggalkan sholatmu?!”


Bismillah, semoga kita tetap bisa masuk pasar tanpa terjerumus dalam keburukan pasar tersebut ya. Aamiin.

Eh, btw, pasar masih sepi. Masih enak banget kalo mau belanja. Yuk. ^_^

Minggu, 27 Mei 2018

BUKU IDAMAN

#CeritaRamadanKu #Day9

Bismillahirahmanirrahim.

Sumber : Doc. Pribadi
Aku baru aja ngeberesin rak buku yang berantakan dan langsung kepikiran kira2 buku apa ya yang jadi buku favoritku selama ini. Dulu, aku suka banget baca buku. Kebiasaan ini sudah ada sejak SMA. Kalo gak ada guru, aku lebih senang baca buku. Tapi bukan buku pelajaran, hahaha.

Sumber : Doc. Pribadi
Bacaanku dulu itu komik dan novel. Saat kawan2 heboh dengan hp, aku khusu’ dengan buku. Gak tau deh kalo zaman dulu itu udah ada sosmed, ya. Seingatku, pas masih kelas X, sosmed yang lagi digandrungi itu namanya Friendster. Terus mainnya harus pake PC. Kan zaman dulu belum ada android. Jadi kalo pun kawan2 sibuk dengan Hp, palingan ya dipake buat smsan. Jangan tanya kenapa aku gak smsan, ya. Wkwkwwk.

Dulu, aku termasuk kategori cewek cupu. Duniaku ada di khayalanku. Ini juga yang ngebikin aku suka sama novel2 teenlit, dimana di novel itu pasti akan selalu ada kisah cewek cupu yang kemudian jatuh cinta dengan seorang cowok beken. Hahha. Iya, masa remajaku emang masa2 absurd.

Sumber : Doc. Pribadi
Kesukaanku membaca ini juga yang membuatku memutuskan membuat blog pribadi tahun 2008. Udah lama banget ya usia blog ini. Hehe. Awalnya bikin blog cuman buat laman curhat aja. Kayak tag line di atas, “sekedar melepas kegundahan hati, karena menulis itu relaksasi.” Setelah banyak membaca dan merasakan manfaatnya, aku jadi kepingin nulis biar tulisanku bisa  dibaca orang lain. Bisa bermanfaat buat orang lain. Gak sekedar curhatan, tapi bisa menebar kebermanfaatan.

Tapi semakin kemari, semakin banyak kesibukan, semakin banyak urusan, dan semakin banyak sosmed, buku jadi kurang rajin di sentuh. Koleksi buku2 lama udah jarang banget di pegang. Bahkan ada beberapa buku yang sudah lama kubeli tapi belum tuntas kubaca. Astaghfirullah. -_- Paling banter baca blog orang doang. -,-

Untung saja, aku bukanlah seorang muslim yang bego banget sampe bisa jauh dari satu buku suci, pedoman hidup. Apalagi pas Ramadan, gini. Gak ngaji, rugi. -,- Sebenernya bisa2 aja sih ngajinya pake Hp, tapi kadang2 kalo udah pegang Hp, lain yang dibuka. Kalo pun dibuka aplikasi Al-Quran, pasti bakal terganggu karena begitu ada notif yang masuk, tangan pasti gatel buat buka. Makanya aku lebih mengupayakan ngaji pake Quran langsung. Pake aplikasi cuman kalo ngajinya gak di rumah.

Terus, kembali ke apa yang kupikirkan tadi.

Buku apa ya yang aku pengen tapi belum punya sampek seakrang?

Sumber : Google


Buku yang diinginkan para jomblo. Wkwkwkwkwk. Bukan cuman diinginkan. Kalo ini mah buku idaman. Hahahahhaa. :D

Sumber : Google
Dari sekian banyak buku di rak yang aku punya, yang menjadi buku favorit dan belum dapet sampek sekarang cuman buku itu.  Dimana itu beliknya, ya? -,-

Semoga kita, para jomblo fi sabilillah segera bisa dapetin buku itu ya. Banyakin berdoa, bermunajat kepada Allah, Sang Pengasih dan Penyayang. Juga saling mendoakan. Manatau ya kan, habis lebaran dipinang. Hehehe. Aamiin.

Oia, doakan kami, agar dapat melaksanakan prosesi kepemilikan buku itu dengan baik ya. Aamiin.


SALING, DONG ...


#CeritaRamadanKu #Day8

Bismillahirahmanirrahim.
Sumber : Google
Hari kedua dikasi keistimewaan sama Allah buat gak ikutan berpuasa. Dan dapat keistimewaan juga di rumah buat gak ikutan nyiapin menyajikan makanan sahur hari ini. Hehe. Alhamdulillah ya, pas mau bangkit, mamak bilang, “gak puasa, kan? Mamak aja yang nyiapkan.” Kok senang kali aku ya? Hahaha.. :p

Aku baru bangun jam 6 pagi dengan perut laper, dan langsung melongokkan kepala ke lemari makan. Ada sisa menu sahur yang kumasak pas berbuka semalam, plus telur dadar. Hmm.. kok masih ada sisanya telur dadarnya? Biasanya kalo bikin telur dadar, langsung dihabisin. Karena gak bakal enak kalo sampek sore lagi.

Dengar suara grasak grusuk di dapur, mamak yang lagi nonton tv nyeletuk, “itu ada telur dadar. Mamak suruh disisakan adekmu tadi. Manatau kau mau.”

Ohh.. perintah big boss rupanya. Pantesan. Inilah mungkin indahnya toleransi di dalam rumah. Kalo mamak gak memikirkan aku yang lagi gak puasa, mungkin dibiarinya aja telur dadar itu diembat adik2ku. Toh aku kan bisa masak sendiri nanti. Tapi nggak, gaes. Sengaja disisain. Apa nggak enak. :D

Siangnya, giliran aku yang mengaplikasikan toleransi. Aku berupaya untuk nggak makan dan minum di depan mamak dan adik2ku. Adik2ku udah gede. Udah dewasa. Gak bakal kayak anak2 yang kalo ngeliat orang makan atau minum di siang hari bakal kepingin tempus (tembak puasa). Tapi tentu aku harus menghormati mereka yang sedang berpuasa. Disinilah arti kata saling itu harus diterapkan.
Sumber : Google
Kita nggak bisa loh mengharap untuk dihargai kalo kita sendiri nggak menghargai orang lain. Dan gak bisa juga kalo kita hanya mau dimengerti tanpa mau mengerti orang lain. Ini contoh simpel dari dalam keluarga. Bayangkan gimana manisnya ukhuwah kita kalo gak perlu lagi bersitegang perihal ‘orang yang berpuasa harus menghormati yang tidak berpuasa’ atau ‘yang tidak berpuasa harus menghormati yang berpuasa’.

Saling, dong...

*Ibarat kata nih ya, cinta gak akan indah kalo gak ada dua orang yang “saling” di dalamnya. Haaaatttssyyiiimm. Iya. Bayangin kalo cintamu bertepuk sebelah tangan muluk. Sakit, geng! Sakit!*
Sumber : Google

Gitu juga dengan toleransi. Coba kalo sama2 toleransi, sama2 saling menghargai, dan sama2 saling menghormati. Kan pasti bakal nyaman banget ya rasanya. Makanya, yuk, ajarkan toleransi mulai dari dalam rumah. Jangan makan atau minum di depan mereka yang sedang berpuasa, apalagi di depan anak kecil yang sedang belajar berpuasa. Hargai kerja keras mereka untuk taat. Mungkin kalo pun kita makan di depan mereka, mereka mah cuek aja. Karena iman yang kokoh takkan terusik hanya karena air putih segelas di hari yang panas. Yang perlu dipertanyakan adalah, sebegitukah tipisnya rasa malu-mu untuk bersenang2 dengan segelas air ditengah perjuangan orang lain untuk melupakan rasa hausnya?

Demikian aja, semoga bermanfaat. ^_^

BAJU BARU : TRANSMIGRASI JAMAAH


#CeritaRamadanKu #Day7

Bismillahirahmanirrahim.

Halo Ramadan ke-7.. Waaahh.. gak terasa udah seminggu berlalu. Alhamdulillah, lebaran tinggal 23 hari lagi.. Gimana? Sudah lapangkah shaf sholat taraweh di masjid-mu? Semoga masih padat ya. Semoga kita masih setia memakmurkan masjid. Aamiin.
Sumber : Google

Sebentar lagi, jamaah akan tereliminasi oleh waktu. Hanya yang kokoh imannya yang akan tetap kelihatan di masjid melaksanakan sholat taraweh. Tak diyana, sholat taraweh memang adalah salah satu ibadah sunnah yang paling berat. Beragam alasan muncul begitu Ramadan berlalu seminggu. Biasanya kalo masih minggu pertama gini, alasan gak ke masjidnya karena “masih kenyang nih habis buka puasa. Taraweh di rumah aja deh” atau karena buka bersama. Nah, bentar lagi, minggu ke dua dan ketiga, alasannya sudah bukan lagi malas. Tapi berburu baju baru.

Sumber : Google

Kenapa ya, kalo lebaran harus pake baju baru?


Kalo menurutku, ini hanya budaya saja. Dulu, pas masih kecil, aku termotivasi untuk belajar puasa full karena iming2 baju baru. Takut gak dibelikan baju baru kalo gak ikutan puasa. Jadi sampek sekarang rasanya kalo lebaran gak pake baju baru tuh rasanya gimanaa  gitu. Padahal gak lebaran pun, beli baju baru jugaknya ya kan. Biasa2 ajanya rasanya. Tapi ya gitu lah. Udah kayak budaya yang udah erat banget. Jadi susah dilepasnya.

Sumber : Google
Sejatinya, lebaran adalah perayaan karena kita sudah mampu melaksanakan puasa sebulan penuh, dan tekun beribadah. Nah, baju baru itu ibarat reward atas diri kita sendiri. Aku emang suka gitu, sih. Memberi hadiah untuk diriku sendiri. Biar semangat makin menggebu. Jadi untuk baju baru lebaran, itu kuanggap sebagai penghargaan atas pelaksanaan puasa dan amal ibadah lain yang kumaksimalkan di Bulan Ramadan.

Mungkin ini juga yang ada dipikiran kalian.

Tapi... karena baju baru, shaf sholat tarawih di masjid semakin hari semakin menyusut. Yang ada di dalamnya hanya uwak2, atok2, nenek2, dan mereka yang usianya sudah di atas paruh baya. Kemana yang lainnya? Melakukan transmigrasi dari tempat yang padat (masjid) ke pasar dan mall (yang tadinya lapang). Akhirnya, masjid jadi sepi, dan mall malah jadi padat.
Sumber : Google

Coba deh perhatikan di minggu kedua dan ketiga nanti. Masjid semakin lapang, jalanan semakin rame, mall makin padat, dan toko baju nambah karyawan. Semua berburu baju baru untuk di pakai di hari nan fitri.

Aku udah kepikiran sama hal ini dari jauh2 hari. Kemaren malah sempat kepikiran mau beli baju lebaran sebelum masuk Ramadan. Tapi karena satu dan lain hal, jadi belum kesampean. Mungkin kamu juga berpikiran sama. Jadi, kita upayakan yuk, untuk nggak bikin masjid sepi gegara hunting baju baru. Kita upayakan ke mall-nya siang hari. Jadi malamnya sempat taraweh.

Jangan sapek karena baju baru, kita ketinggalan melaksanakan amalan2 yang cuman ada di bulan ini doang. Rugi bandar! Mari manfaatkan Ramadan kita sebaik mungkin. Semoga kita bukan bagian dari pelaksanaan transmigrasi jamaah dari masjid ke mall. Aamiin.

Sabtu, 26 Mei 2018

SIRUP DITIKUNG


#CeritaRamadanKu #Day6

Bismillahirahmanirrahim.

Sudah hampir seminggu berlalu, alhamdulillah, siang hari di bulan puasa kali ini gak terlalu ekstrim panasnya. Cuaca Kota Medan lagi enak banget. Adem, sedikit hujan banyak rindunya. *Eh? Jadi perjalanan ke sekolah sebagai pendamping siswa untuk kegiatan Pesantren Ramadan juga gak terlalu menyiksa. Soalnya pulangnya habis Sholat Dzuhur berjamaah, dan itu artinya sedang tengah hari tho. Dan lagi, jarak sekolah antara sekolah dan rumah lumayan. Ya bayangin ajalah gimana Tanjung Mulia – Belawan. -,-

Syukur alhamdulillah, cuaca sedang berpihak kepadaku dan kepada kita semua yang lagi berpuasa. Jadi gak haus2 banget. Hehe. Jadi billboard sirup di beberapa perempatan yang kulalui juga gak terlalu berpengaruh. Biasa2 aja tuh rasanya ngeliat minuman warna warni yang dikasi es batu, kadang dikasi aksen buah2an, dibikin menarik dengan warna mencolok. *Gak goyang kali la iman akak, dek. Wkwkwk.

Cuaca ini juga yang membuatku menjadikan sirup menjadi opsi ke-sekian untuk buka puasa di Ramadan kali ini. Kalo dulu, masih jam lima sore udah motongin semangka bentuk dadu, terus siram pake sirup, terus masukin kulkas. Begitu bedug, langsung glek.. glek.. glek.. Rasanya kayak surgaaa. *Eh, baru sirup aja berasa surga. Lebay boleh, jangan? -,-

Tapi kalo sekarang, posisi sirup ditikung oleh teh manis hangat.



Iya, kayak minuman orang tua ya. -__-

Apalah hendak dikata. Barangkali usia juga sudah mulai menentukan apa yang cocok untuknya. Sekarang udah gak terlalu tertarik dengan minuman dingin. Rasanya nggak nyaman aja ditenggorokan. Ternyata setelah di search, menurut ahli gizi Dr. Dr. Saptawati Bardonoso M, Sc, saat puasa suhu tubuh akan menurun sehingga dikhawatirkan bila langsung minum es, tubuh akan kaget. (seperti dilansir Liputan6.com)

Berarti, Allah maha baik, ngasi cuaca adeeeemmm banget, sampek bisa menepikan sirup beserta es-nya saat buka puasa. Alhamdulillah.

Biar gak bosen sama teh manis hangat mulu pas buka puasa, aku punya beberapa opsi lain yang bisa dipake. Selain sirup tentunya. Karena sirup ini, kalo gak pake es kayak bukan minum sirup. Jadi apalah daya, Ramadan kali ini, sirup tak terjamah.

Salah satunya, minuman pengganti untuk buka puasa adalah jus. Tentu saja tanpa es. Dengan sedikit gula, dan tekstur yang kental, minuman ini bisa bikin buka puasa jadi istimewa. Bikin sendiri aja. Kalo beli, untuk satu keluarga kan mubazir. Bagusan beli buahnya di pajak, trus blender sendiri. Puas. Jangankan untuk buka, untuk sahur nantipun masih ada stoknya. Wkwkwk. *Kok udah kayak mamak2? Wkwkwkkw*

Opsi lainnya adalah cendol. Bikin sendiri. Manisnya alami karena pakek gula murni plus senyum seikhlas hati. Hihihi. Tapi opsi ini masih jarang banget dipilih karena emang kurang doyan, sih. Kalo pun dibikin, ya aku tetap minum teh manis hangat aja. *Karena aku dan dia sekarang udah susah banget dipisahkan. -,-

Satu lagi, susu hangat. Boleh vanila, boleh cokelat. Aku sih suka dua2nya. Haha. Biar gak bosan di selang selingin aja. Tapi jangan terlalu kental. Nanti rasanya jadi lebay, dan susah nelannya. Jangan juga terlalu encer. Yang sedang2 saja. *Seperti cinta kita, tak perlu membara asal hangat selamanya. Hahahahhaatttsyyiiimmm.*

Nah, jadi beberapa opsi di atas bisa banget kamu pilih untuk jadi menu pengganti sirup selama kota Medan lagi konsisten sama suhunya yang adem. Semoga puasanya tetap lancar ya.. ^_^


JUZ CADANGAN


#CeritaRamadanKu #Day5

Bismillahirahmanirrahim.

Ketinggalan beberapa hari nulis nih. Habisnya alhamdulillah beberapa hari ini disibukkan dengan urusan sekolah. Malam ini, habis tadi menyiapkan sajian buka puasa dan makan malam keluarga, akhirnya bisa buka laptop lagi. Soalnya lagi dikasi keistimewaan sama Allah, jadi gak ke masjid dulu. Hehe.

Ngomong2, malam ke sepuluh ramadan, sudah sampai juz berapa bacaan Quran-nya? Semoga istiqomah ya. Minimal satu kali khatam. Sayang banget kalo gak manfaatin bulan dimana semuanya dilipat gandakan ganjarannya.

Sekarang kita mau ngobrolin juz cadangan. Juz loh ya. Bukan jus. Hehe. Bukan pemain bola aja yang butuh cadangan, bacaan Quran kita pun butuh cadangan. Biar gak bingung, yuk simak.. ^_^

Biasanya, tekhnik untuk mengkhatamkan Al-Quran yang sudah banyak kita tahu kan baca satu juz per hari, ya. Bahkan dari beberapa tahun lalu juga sudah banyak digaungkan gerakan ODOJ alias One Day One Juz. Itu loh, gerakan membaca Quran satu juz per hari.

Jadi, jumlah halaman dalam satu juz Al-Quran biasanya kan 10 lembar. Nah, biar bisa selesai dalam satu hari, setiap habis sholat kita baca dua halaman. Ini tekhnik yang pasti kita semua sudah pada tau, ya.

Yang perlu diperhatikan adalah, bulan mulia ini hanya berkisar 29 hari. Nah, ciwi2 harus memperhitungkan juga masa istimewanya. Kalo terpatok pada satu hari satu juz, bisa2 gagal khatam. Perhitungkan berapa hari biasanya kita mamnu’, kalo biasanya enam hari, maka kita harus punya cadangan enam juz.

Jadi gini, katakanlah masa istimewa kita biasanya enam hari. Jadi pada malam ke sepuluh Ramadan, yang harusnya kita baru menuntaskan sepuluh juz, maka paling tidak kita harus sudah menuntaskan tiga belas juz. Tiga juz lagi kita kejar setelah suci. Iya, kita gak bisa pake tekhnik one day one juz kalo beneran mau khatam. Kayak aku, mamnu’ di hari ini, di sembilan Ramadan, aku baru menuntaskan sebelas juz. Itu artinya juz cadangan yang aku punya hanya ada dua. Harusnya kalo mau lebih aman, juz cadangannya harusnya enam. Cuman kemaren emang gak kepikiran bakalan mamnu’ tanggal segini. -__-

Terus, gimana dong tekhniknya biar bisa punya juz cadangan?

Saranku, sementara, hapus aplikasi sosmed yang ada di handphone kamu!

Agak serem, ya. Hehe. Tapi inilah satu2nya jalan biar kita gak buang2 waktu secara percuma. Bayangkan, biasanya dalam aktivitas kita sehari2, paling nggak per satu jam sekali kita ngecek handphone, eventhough gak ada notifikasi apapun. Apalagi handphone jomblo. *Hahahhahahaha. Evil laugh*

Awalnya, kita niatnya ngecek doang. Nah pas ngecek gak ada notif, iseng2 bukan fesbuk. Sekalinya nyampe fesbuk, scroll... scroll.. scroll.. Eh, nampak akun gebetan, kepoin. Hmmm.. Kayaknya dia udah punya pacar. Siapa sih pacarnya? Kepoin lagi. Oke, lelah. Balik ke laman utama. Eh, status mantan nongol. Kepo lagi. Gimana ya kehidupan dia sekarang? Duh, kok jadi kepo ya. Cek ahh. Dan scroll lagi.. lagi.. lagi..

Tak terasa, satu jam berlalu begitu saja.

Itu kalo sosmed yang ada di handphone kita cuma sebiji. Bayangkan kalo ada empat biji. Ada fesbuk, instaglam, linee, dan wasap. Bosen buka fesbuk, buka instaglam. Bosen buka instaglam, buka linee. Bosen linee, buka wasap. Berapa banyak waktu terbuang? Kalo diakumulasi, bisa jadi dalam satu hari kita ngabisin waktu empat sampek lima jam cuman buat itu.

Nah, kalo waktu yang biasa kita pake buat sosmed-an dipake buat tadarusan, kira2 berapa banyak juz cadangan kita? Malah bisa khatam dua kali loh. Apa gak mantap, ya kan.

Tapi karena menghapus semua aplikasi sosmed sekaligus itu agak ekstrim, paling nggak hapus dua atau tiga. Tetap aktifkan satu buat komunikasi. Dengan demikian insya Allah akan tidak lagi terlalu banyak waktu terbuang.

Tetap semangat tadarusan yaa.. Masih ada sekitar tiga mingguan lagi untuk mempersiapkan juz cadangan. Semoga istiqomah untuk menghidupkan Al-Quran dalam keseharian kita. Aamiin.
^_^