Rabu, 08 Januari 2014

Hal Yang Penting Diperhatikan Seputar Behel


Disela-sela ngilu pas ngunyah makanan, aku ngerasa harus berbagi cerita tentang ini, sebaris kawat gigi alias behel yang sekarang terpampang manis di gigiku. Ternyata banyak hal yang harus diperhatikan sebelum kita memutuskan memakainya. Mitos tentang diet pake behel juga akhirnya terpecahkan. Yeah, ini dia cerita tentang si kawat gigi.

Demam behel warna warni udah lama mewabah, sebenarnya. Gak cuman berfungsi sebagai alat untuk merapikan gigi, tapi malah jadi trend. Hellow? Padahal, zaman aku masih kecil dulu, orang yang pake kawat gigi itu kelihatan gak banget loh. Beneran. Ingat film telenovela Betty La Vea? Itu loh, cewek gendut berkacamata bulat, serta memakai behel. Nah, gimana dia di film itu, seperti itu pula mind set orang-orang tentang behel di dunia nyata.

Sekarang… abege-abege pada berebut ke dokter gigi buat pasang behel. What the hell? Padahal harga behel itu gak murah loh. Patokannya dari sekitar 3 juta sampe ada yang katanya sepuluh juta. Gila gak tuh? Buat gaya-gayaan aja ngabisin duit tiga juta. *Duit itu dek, duit! Bukan daon! *Kan kakak juga pake! *Eh, jangan komplen dek, kakak udah nyari duit sendiri. Hahaha.. :p Dan lagi, aku emang disuruh sang Mama untuk merapikan gigi. Kata beliau, nanti makin tua, gigi seri yang miring itu bakal tambah miring. Pasanglah langsung. Jadilah sekarang make behel.

Tapi sampe sekarang, saat behel itu udah nangkring di gigiku, aku masih belum bisa melihat dimana letak bagusnya orang pake behel. -___-“ Bagusnya ya nanti, pas gigi kita udah rata, dan behelnya sudah dilepas. Terus, warna-warni karet perekatnya ngejreng-ngejreng. Malah ada yang pake warna-warni. Ya ampuuun, aku speechless.

Karena virus alay dalam jiwaku udah gak kronis, aku menjatuhkan pilihan pada karet perekat warna putih. Biar gak terlalu mencolok. Eh tapi ternyata, bracketnya (besi berbentuk kotak) yang kelihatan banget. Jadi kayak pake kawat-kawatan. Dan adekku dengan teganya bilang gak jauh beda kayak kawat jemuran. Haeeehh… mahal ini maakk! >_<

Anyway, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum dan saat kita pake behel. *Aku jadi katro searching, soalnya ada yang bilang bahaya.

  • Pastikan kalau gigi kita memang butuh perawatan dengan behel. Kalau buat gaya-gayaan, mendingan gak usah deh. Selain mahal, resikonya besar. Soalnya syaraf-syaraf gigi kita terhubung dengan syaraf-syaraf sensitif. 
  •   Pastikan kita bakal sabar make itu behel sampai gigi kita benar-benar rata. Soalnya, pemakaian behel gak pake itungan bulan. Biasanya, butuh waktu satu sampe dua tahun untuk kasus yang gak terlalu parah, dan dua sampai tiga tahun untuk yang parah. Soalnya, sekali lepas, ya gak bisa dipake lagi. *Nah, aku kata dokternya bakal makan waktu sampe dua tahunan.
  • Pas awal-awal pake, gigi kita bakal ngilu banget. Apalagi untuk kasus yang giginya berjejal karena rahang sempit, jadi giginya harus dikurangi. Kalo itu, wuidiiih, sakitnya luar biasa. *Kalo aku, karena bentuk gigi seri sebelah kanan bentuknya agak miring, jadi diberi celah diantara gigi taring dan gigi seri. Nah, cara ngebikin celahnya itu namanya di sigar. Dan sakitnya mamen, luaaaarrr biaaasssaaaa…. Jadi ya kudu sabar untuk gak bisa makan dengan nyaman. Dan ini dia jawaban dari mitos tentang diet dengan behel. Nah, pas pake behel kan gigi kita ngilu tuh pas makan, jadi ya males makan. Nah, males makan itu yang ngebikin kita kurusan.
  • Buat penyuka tulang rawan, bersiaplah untuk gak boleh makan itu lagi. Kenapa? Bracket kita jadi gampang rusak. Gak cuman tulang rawan ayam sih, segala makanan yang keras-keras ya gak bisa dimakan. Kayak wortel, salak, kripik, kerupuk yang keras. Soalnya kalo bracketnya rusak, kudu ganti. Harganya lumayan loh.
  • Sikat gigi pake sikat gigi yang untuk anak-anak. Kenapa? Alasannya masih sama kayak yang diatas, menjaga bracket biar gak kenapa-napa.
  • Terakhir, jangan abai sama jadwal kontrol. Kalau disuruh datang dua minggu sekali, ya patuh. Kalau sebulan sekali ya datang.
Itu tuh hal-hal penting seputar behel. Semoga bermanfaat untuk calon-calon pengguna behel. Kalau udah pake lama pasti udah tau, bahkan lebih tau dari aku dong yang baru pake seminggu. Hehe.

Selamat make behel. ^o^

1 komentar:

  1. hihhh, aku keinget jaman2 penyiksaan saat pake behel dulu mba -__-. dari kls 4 sd ampe kelas 1 smu baru lepas... tp mulai berobat ke dokter dr kls 3 sd... gigiku itu parah bgt.. udh maju, jarang, trs ada yg saling nindih, dan makan tempat... jd dr kls 3 sd, udh hrs dirapiin, gigi2 yg makan tempat dicabutin dulu, kls 4 sd pake behel yg bisa dilepas2 dulu, trs baru deh kls 5 sd mulai pake yg permanen... ampe 1 smu.. kebayang parahnya dong :D.

    Tapi setelah itu, aku bisa senyum bebas, dan ga pernah ke dokter gigi lg ampe skr :D Itu ibarat, ank itik buruk rupa berubah jd angsa hahahah ;p

    BalasHapus