Rabu, 27 Januari 2021

MY JOURNEY - HAPPY BIRTHDAY TO ME



Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamualaikum 2021...

Gak terasa ya, udah tahun baru aja. Rasanya baru kemarin tahun baru dalam kondisi nifas. Eehh, sekarang udah ganti tahun aja lagi. Benar deh, sungguh merugi orang yang tidak memanfaatkan waktu luangnya dengan baik. Lihat aja, waktu terus berjalan, umur terus bertambah. Kalo aja waktu luang bisa kita manfaatin dengan baik, pasti udah banyak banget pencapaian yang kita raih. Semoga kita semua bisa membunuh rasa malas di tahun 2021 yaa.. resolusi yang sederhana, tapi kalo bisa diterapkan akan berasa banget manfaatnya.

By the way, tahun baru artinya usia baru. Hari ini genap aku menjejak di kepala tiga. WOW! Kepala tiga! Astaghfirullahaladzim. Ini jelas bukan usia yang tepat lagi untuk beralay2, untuk bermellow2, atau untuk baper2an. Angka tiga puluh adalah angka yang sudah menuntutku untuk bersikap matang dalam berpikir dan bertindak. Udah gak bisa lagi untuk menye2, gak bisa lagi selow2. Umur udah banyak, gak tau kapan bakal dipanggil Tuhan. Udah saatnya banyak2 bertaubat, banyak2 berdoa, banyak2 bersyukur, dan banyak2 bahagia.

Ternyata masa muda itu sebentar. Sebentar jadi mahasiswa, sebentar jadi guru, sebentar hamil, sebentar anaknya udah gede, eehh sebentar lagi anaknya minta adek. Hahahahhaa. Ups!

Sekarang, aku juga sedang berusaha sepenuh tenaga supaya bisa mengakomodir emosi. Eh, akomodir ya bahasanya? Sekarang aku berusaha untuk lebih sabar, lebih santuy menghadapi rasa kesal. Berupaya untuk gak ngomel untuk hal-hal kecil. Kayak misalkan, kalo kita mau ke rumah mertua tuh, jalannya kecil dan sempit. Paling bisa cuman dilalui sepeda motor, kalo kebetulan papasan ya harus pelan. Nah di sepanjang jalan itu banyak anak2 main, banyak ibu2 nongkrong. Iyaaa, di jalan kecil itu. Dan kalo ada sepeda motor mau lewat, mereka cuek aja. Jangan pernah berharap mereka sigap menyingkin begitu dengar deru motor. Mustahil.

Lebih parahnya lagi, anak2 yang main di jalan itu ada yang masih dua tahunan, tiga tahunan. Pas kita mau lewat, dan mereka lagi main, emaknya yang ngeliat juga cuek aja. Ampun deh! Nah, selama hampir tiga tahun menikah, setiap melewati jalan itu aku pasti ngedumel sama suami. “Gak pake perasaan ya.” “Udah tau jalan sempit, masih aja nongkrong di jalan.” “Anak2 ini gak takut ketabrak apa ya?” dan lain sebagainya.

Tapi sekarang, aku berusaha menerima. Dari pada ngomel mulu setiap lewat jalan itu, mending ikhlasin aja. Ya kalo mereka nongkrong di tengah, kita turunin kaki aja, sambil senyumin. Ya kalo ada anak2 lagi main, kita pelanin sambil suruh minggir. Ya kalo ada mobil2an melintang di tengah jalan, turun dulu, digeser. Mending gitu aja kan daripada ngomel. Toh hampir tiga tahun aku ngomel dan kesel, toh juga gak ada yang berubah. Jalan itu tetap aja kecil, orang2nya tetap aja gak pake perasaan. Hahahahhaa.

Terus sekarang aku juga sedang berusaha untuk tidak stres. Hehe. Kalo dulu, aku tuh panikan orangnya. Anak panas dikit, panik. Anak gak mau makan, susah diajak tidur, panik. Haid telat dua hari, panik. Pokoknya semua2 bisa banget bikin hati ambyar. Tapi sekarang, meski masih dalam proses, rasanya aku sudah lebih rileks menghadapi kenyataan. Anak panas, tinggal kasih obat.  Kalo obat gak ada, bawa ke klinik. Gak ada yang nganterin, ada ojek. Kalo hujan, ada ojek mobil. Lihat? Gak ada yang susah kan sebenarnya? Hanya saja selama ini aku terlalu gampang panik.

Selain itu, aku juga gak mau maksain diri untuk melakukan hal yang aku gak suka atau aku gak sanggup. Kalo udah seharian udah capek kerja, masak buat bontot besok pagi aja. Gak usah dipaksa malam itu juga. Kalo udah capek cuci baju dan masak, yaudah, gak usah paksain buat ngepel juga. Pokoknya kalo capek, yaudah istirahat. Nanti pas badan enak, bisa dikerjain pelan2. Karena ternyata kalo kita kita capek, maka kita rentan marah2. Aku sih sekarang ogah marah2 (kalo gak lagi khilaf), ya kaleee perawatan mahal2 tapi muka tetap dipake buat marah2. Wkwkwk.

"Sejatinya pertambahan usia juga adalah pertanda bertambahnya kedewasaan (ke-tua-an), maka sudah seharusnya semakin tua, semakin bijaksana." -Bunda Lita-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar