Sabtu, 10 November 2012

LUPA YA? INI KAN HARI MINGGU


“Bsk jlan yuk. Udh lama gk ngumpul.”

Sebaris pesan yang sudah berjuang melewati hujan badai dan cekatan menghindari temali jemuran agar tak tersangkut mendarat dengan selamat di ponselku. Segera ku-apresiasi kedatangannya yang penuh perjuangan dengan menilik pengirim dan membaca isi pesan. Seorang teman lama.

Ngajak ketemu di hari minggu memang adalah jadwal yang paling masuk akal. Setelah Senin sampai Sabtu disibukkan dengan beragam aktifitas. Hari Minggu-lah saat yang tepat untuk berleha-leha. Waktu istirahat yang biasa dipakai buat hang out. Tapi, tak sadarkah kalau ternyata bagi sebagian orang, termasuk aku, hari Minggu itu layaknya hari ‘membabu buta sedunia.” Kedengaran sedikit lebay memang, tapi agaknya tak berlebihan jika dikatakan demikian.

Jadi ceritanya, setiap hari Minggu aku bakal disibukkan dengan kegiatan yang kurasa bahkan lebih padat dari kegiatanku biasa. Bingung? Sama. Tapi itulah. Hmm, mungkin bakal kutulis aja kali ya gimana aktifitas bidadari tanpa sayap ini tiap hari Minggu. :D

Oke, hari Minggu itu sebenarnya istimewa karena aku bisa bangun jam setengah enam pagi. Sebenernya jam 7 juga bisa aja. Cuman berhubung jam 7 waktu shubuh udah abis, jadi kuputuskan untuk bangun jam setengah 6, solat shubuh, trus tidur lagi. :D biasanya ritual tidur lagi ini hanya berlaku jika ibunda tercintaku sedang di rumah yang satu lagi. Beliau paling tidak suka ngeliat anak gadis semata wayangnya males2an karena gag bakal ada yang bantuin beliau masak selain aku. Kedua jagoannya bisa dipastikan masih tidur soalnya.

Nah, pagi ini, beliau sedang disana, jadi ritual menyenangkan itu pun kujalankan. Jam setengah 8 baru bangun lagi. Wow! Pas bangun, adek2ku udah pada kelaperan. Dan itu artinya, daku harus memulai aktifitas tanpa mandi terlebih dahulu. Yap, masakin sarapan dulu buat mereka.

Bikin sarapan adalah pemanasan yang baik untuk memulai pekerjaan ‘membabu buta-ku’ hari ini. Setelah agak sedikit berpanas-panasan di depan kuali, akhirnya selesai juga pemanasannya. Sebenarnya aku mau langsung masukin tumpukan pakean kotor yang udah dipilah-pilah tadi malem ke mesin cuci. Tapi, kok laper ya? Jadilah sarapan dulu, bikin susu dulu, nonton tipi dulu. Ahh, menunda-nunda. Alasan lapar yang klasik.

Apesnya, pas udah kenyang dan beranjak ke belakang buat ngangkutin pakean kotor, eh, mesinnya udah dikasi sarapan sama pakean kotor si Arif. Diisi sama pakean seragam kantornya. Dan di depan mesin udah ada tumpukan pakean kotor manda. Tau apa artinya? Tepat sekali, make masinnya harus ngantri. -__-“

Aku ngalah, kuputuskan mencuci secara manual saja. gak sabar nih ceritanya nungguin mereka. Belum lagi resiko padam listrik mengintai. Tuh kan, menunda-nunda adalah pekerjaan yang bikin perkerjaan awal semakin berat. Rendam merendam, cuci mencuci dan jemur menjemur akhirnya selesai. Dan itu menguras hampir seluruh kalori yang kuasup saat sarapan tadi.

Mau istirahat? Ohh, tidak bissaa. Masih ada list pekerjaan yang harus dituntaskan segera. Masak untuk makan siang, ngeberesin rumah yang udah dipaketin. Maksudnya dari mulai lap mengelap, sapu menyapu, pel mengepel dijadikan satu paket dengan nama ‘ngeberesin rumah’. Trus tumpukan pakean yang minta disetrika.

Biasanya, kalo aku udah hampir pingsan, Arif atau Manda akan menawarkan bantuan dengan bilang, “kak, lauk makan siangnya beli aja ya. nasinya kan udah di-colok-in.” jeda sejenak, lantas melanjutkan, “uangnya jangan lupa ya kak.” Ffiiiuuuhhh. Kufikir akan ada yang berbaik hati ngebeliin pake uang sendiri. :p

Itulah, seperangkat pekerjaan untuk paket hari minggu. Selesainya sekitar jam 1 atau jam 2. Trus jam 3 aku udah ada agenda lain yang gag bisa ditawar2. Belajar sastra di taman budaya. Alhasil, hari Minggu bukanlah waktu yang tepat untuk mengajakku jalan. Jadi segera kulayangkan pesan balasan untuk kawan lama itu, “lupa ya? Ini kan hari minggu. Dan hari mnggu kerap menjadi hari membabu buta sedunia.”
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar