Jumat, 19 Oktober 2012

REPORTER ECEK-ECEK XD


Selamat siang pemirsa, sekarang saya sudah berada di Simeulu, pusat dari gempa berkekuatan 6,7 yang menguncang Banda Aceh pagi tadi. Gempa ini tidak berpotensi tsunami. Namun deikian, banyak masyarakat melarikan diri ke dataran yang lebih tinggi dan mesjid-mesjid setempat. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini meski diperkirakan puluhan orang menderita luka berat akibat tertimpa bangunan yang roboh. Kerugian yang di derita diperkirakan mencapai lima puluh miliar rupiah

Sekian laporan dari saya, Lita, Teropong TV mengabarkan.
***

Itu dia berita yang kulaporkan waktu jadi reporter tv ecek-ecek. Jadi ceritanya kemaren aku ikutan lomba live reporting yang diadakan UKM Teropong UMSU. Dari sekian banyak rangkaian acara, aku cuma tertarik sama yang sebiji ini. Aku pernah cerita, kan kalo aku suka dan pengen belajar ‘newscaster’. Nah, untuk jadi seorang newscaster, harus bisa live reporting dulu. Jadilah aku ngebet pengen ikut pas tau ada lomba ini. Tapi sodara-sodara, perjalanan panjang untuk ikutan lomba ini sedikit dramatis. Bakal kuceritakan deh.

Jadi gini, kemaren, sebulan yang lalu mungkin, aku di undang via fesbuk sama Ica, temenku di Teropong buat menghadiri acara itu. Rangkaian acaranya banyak. Ada diklatsar jurnalistik, lomba foto, lomba pidato, dan lomba live reporting ini. Pas ngebaca undangan si Ica, aku langsung approve. Soalnya aku memang pengen ikut. Apalagi Arif janji mo ngebayarin uang pendaftaran. :D asik..asik..

Terus nih, di suatu malam yang boring banget. Jelas boring, si item lagi dibawa arif ke kampus, manda udah tidur padahal masih jam sembilan malem, nyokap bokap di belawan, jadilah aku sendiri. Nonton tipi bosen, nyanyi-nyanyi capek, mo tidur belum ngantuk. Huaaahhh,, sumpah, itu malam terboring yang bisa masuk rekor MURI kayaknya. Karena gak tau mau ngapain, aku ngotak atik hp. Dan, jreng..jreng… terlihatlah nomor si Ica secara tidak sengaja. Kulirik jam, masih jam sembilan lewat 10 menit. Masih bisa nih buat sms, nanya-nanya kelanjutan lomba kemaren.

Aku (A) : Ca, lomba live reportingnya kapan ya? Tanggal 15 juga?
Ica (I)     : iya kak. Kakak mau ikut?
A             : Iya, hehehe. Dimana lokasinya, jam berapa, administasinya?
I               : di lab hukum, kak. Besok sms aja Ica.

Aku kemudian ngebongkar kalender hape, ngecek tanggal 15 itu hari apa. Kalo jam kerja, harus izin sama kepsek dulu soalnya. Dan taraaaa…. Tanggal 15 itu adalah hari selasa, dan itu adalah B E S O K !! Astagfirullah. Gilak. Mau lomba, pas mepet banget gitu. What the hell?! Masa iya aku lomba tanpa persiapan? Gak ikut TM, gak tau materi, gak tau berita apa yang mau dibaca. #gubraaakkk.

Besoknya pas di kantor, aku nyari-nyari celah buat belajar. Eehh, ternyata lagi banyak kerjaan. Ngurusin data guru yang mau dapat bantuan insentif dari Gubsu. Dan gak ada celah sampai jam kerja berakhir. Padahal lombanya dimulai jam 1. Aku langsung kebut dari kantor ke UMSU. Nyampe sana, ngrusin administrasi, ngambil berita, terus latian. Entah udah berapa orang yang maju, pokoknya pas aku nyampe, udah tinggal dikitlah orang yang ada disitu. Jadilah aku latian, komat kamit sendiri, ngerekam, terus ngedengerin lagi. Gitu terus sampe namaku dipanggil.

Pas di dalam, senyap banget, cuma ada dua orang panitia dan seorang juri. Aku megang mic dengan sesantai mungkin. Berusaha serileks mungkin. Dagdigdug sebenarnya. Bener2 ngerasa belum siap. Tapi apalah daya, the  show must go on. Aku tampil dengan dua kali take. Celakanya, ada part yag aku lupa. Jadilah aku ngambil jeda beberapa detik sebelum lanjut. Ahh, itulah bagian yang paling nyebelin. :(

Begitulah, perjalanan menuju lomba live reporting yang aduhai sekali. :D padahal, logikanya kalo udah mepet banget gitu, bagusan gak usah jadi ikutan kan ya? Kan besok-besok atau di lain kesempatan masih bisa ikutan lomba. Tapi itulah, nafsu banget aku soalnya. Hahaha. Pengeeen banget. Jadi ya gitu, ada kesempatan, langsung di embat tanpa mikir panjang.

Gapapa juga denk. Kan pengalaman di atas segalanya. :) Kalo gak ada ini, mungkin aku gak belajar buat lebih baik lagi dalam menghadapi event yang mungkin di lain kesempatan akan kuikuti. Well, inilah kisah reporter tv ecek-ecek.

Dari Medan, di depan si item, Lita, mengabarkan. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar