Rabu, 30 Desember 2015

MY JOURNEY – SIBA ISLAND

Alhamdulillah, masih di Desember, bisa mosting ‘My Journey’ lagi. Padahal, udah sejak beberapa hari yang lalu sempat galau, gegara ngira gak bakal bisa menikmati liburan panjang ini. Biasalah, anak rajin yang mau cepat-cepat wisuda kan kudu berjibaku sama judul. *eeaaa* Tapi ternyata, Allah kasih kesempatan buat liburan juga. ^_^

Kita dari rombongan keluarga besar SMP Muhammadiyah 06 udah ngejadwalin untuk liburan bareng dalam rangka silaturahim dan mempererat rasa kekeluargaan dari sejak tahun ajaran baru kemaren. Tujuan awal kita tuh padahal cetar-cetar loh. Dari tawaran awal ke Sabang, Padang, Garoga, sampek Prapat. Eh, tapi mungkin rezeky-nya belom kesono. Jadilah kita menyambangi pulau kecil bernama Siba Island.

Pulau Siba ini sudah dibuka sejak tahun 2006 dan masuk ke dalam wilayah Kabupaten Deli Serdang. Bisa dijangkau melalui transportasi laut dari Pelabuhan Marina, Belawan yang memang disiapkan untuk pelancong yang akan mengunjungi Siba. Dan dari pelabuhan yang dari Hamparan Perak. Kemaren, kita ambil jalur dari Pelabuhan Marina Belawan, dan makan waktu sekitar 30 menit perjalanan.
OTW Siba Island 

Sebelumnya pernah dengar sih tentang Siba Island ini, tapi belum ada cerita yang ngebikin aku bener-bener kepingin pelesir kesana. Pas keputusan akhir memutuskan kita berangkat ke Siba, aku langsung searching, sebenarnya ada apa sih di Siba Island? Hasil penelusuran-ku di internet awalnya bikin seneng. Aku buka situs resmi Siba Island. Disana foto-fotonya cakep-cakep. Trus fasilitas yang ada keren. Kayak ada speed boat, ada banana boat, ada media outbond, dan kawan-kawannya. Aku langsung kebayangin disana pasti ada pantainya. Bisa main pasir, dan basah-basahan juga. Tapi pas buka blog citizen, aku malah menemukan kekecewaan. Blog-blog itu justru mengutarakan serba serbi kekurangan Siba. Ini wajar, karena setiap kali kita berwisata, kemana pun itu, kita pasti menemukan sisi positif dan negative dari tepat yang kita datangi. Jadi aku berharap aja, semoga ekspektasi dan realita gak timpang-timpang banget.

Well, berangkat-lah kita rame-rame. Sebenernya kurang rame sih, kalo semua guru ikutan, pasti kita gak muat dalam satu kapal boat. Tapi buktinya kemaren kita cuman pake satu boat doang. Yah, namanya juga liburan panjang ya. Pasti masing-masing udah punya planning liburan sendiri. atau malah udah berangkat mudik dari sejak pembagian raport. So, its ok-lah.

Pose like a model.. wkwkwk.. XD
Nyelfi With Pak Turut's Family
Kita nyampe Siba sekitar jam sepuluh. Masih pagi. Kirain nih, karena masih pagi, jadi masih sepi. Kita mendapati hanya ada satu rombongan lain selain rombongan kita disana. Mungkin mereka nginap disana kali ya? Soalnya Siba memang menyediakan cottage untuk bermalam. Kalo nggak salah, harga per malamnya sekitar 500-600ribuan. Dan kabarnya lagi, kemaren, per tanggal 27 Desember, hanya tersisa 10 kamar yang kosong. Selebihnya udah di booking buat tahun baruan. So, buruan booking kalo kamu berminat buka tahun 2016 di Siba Island.

Menjelang siang, rombongan yang tadi kami dapati lagi bersantai di kursi-kursi taman udah pada ngilang. Mungkin pada mau istirahat ya. Tinggallah rombongan kami yang masih berkeliaran. Sumpah, itu pulau berasa punya kami. Wkwkwk. Gak ada orang lain selain kami soalnya. :v

Media outbond yang begitulah...
Anyway, pas pertama nyampe, kita langsung jalan ngeliat-liat kekayaan pulau ini. Bener, Siba memang menyediakan arena outbond. Tapi pas kita lihat lagi, ternyata sudah banyak tali temali yang lapuk. Anak tangga untuk naik ke pos jalan di atas tali juga sudah banyak yang lepas. Dilihat sepintas, kayaknya sudah nggak aman untuk digunakan. Pas keliling lagi, kita menemukan kolam renang dengan seluncuran yang mini banget. Kolamnya gak besar, dan seluncurannya cuman ada satu. Cocoklah untuk arena main anak-anak.

Disana juga ada hall, semacam tempat pertemuan gitu. Kalo nggak salah, dinamakan Hall Sultan. Katanya bisa dipake buat pertemuan atau rapat. Tapi kayaknya sih jarang dipake. Dilihat dari luar kayaknya sumpek. Di anak tangganya banyak dedaunan kering. Mungkin dirapihin kalo pas ada yang booking aja kali ya. kan soalnya Siba itu luas, ada beberapa hektar. Kalo tiap hari dibersihin semua, encok juga tuh. Penjaganya soalnya cuman beberapa orang, dan bahkan mungkin gak menetap di pulau juga.


Dan pemirsa, lupakan tentang speed boat, banana boat, dan kawan-kawannya. Lupakan tentang main air dan lari-larian di pasir pantai. Itu semua hanya ekspektasi yang kegedean. -_- mungkin dulu, di awal-awal opening, Siba Island memang menyediakan semua fasilitas kece itu. Tapi seiring berjalannya waktu, semua itu menghilang. Mungkin karena pengunjungnya gak banyak. Dan bisa jadi pengunjungnya gak banyak, justru karena fasilitasnya kurang memadai? Ah, ini udah kayak lingkaran hantu. Gak nemua ujung pangkalnya.

Ini Artisnya.. wkwkwk..

Jadilah kita mengahabiskan waktu dengan foto-foto, makan-makan, dan duduk santai di pinggir laut. Malah ada yang sengaja bawa hammock (ayunan gantung). Menikmati semilir angin sampe ketiduran. Itu sih mode bapak-bapaknya. Hahaha. Kalo ibu-ibunya kayanya lebih enjoy sama keyboard. Dan untung ada keyboard ini, kalo nggak dijamin suasana liburan kita bakal flat banget. Bener-bener nggak ada yang bisa kita lakuin untuk mengisi waktu. Nggak ada yang menarik. Apalagi kita emang nggak ngebikin skedul acara. Jadi dengan adanya keyboard ini, jadi lumayan berasa ada tanda-tanda liburan.

Ini yang diminta naik gak naik2, eh sekalinya naik gak mau turun.. :p
Kalo aku sih bilangnya, liburan kita kali ini tuh judulnya koro-koro di pulau. Haha. Kemaren bakat-bakat terpendam bermunculan. Wkwkwk. Yang biasanya gak pernah nyanyi, malah jadi yang pertama ngajakin nyanyi. Yang dipanggil-panggilin, untuk naik pentas bolak balik, gak naik-naik. Eh, sekalinya naik, gak mau turun. Ahahahah.. :v Betah.

My Dad and Pak Siba (Yang Punya Siba Island)
Di sela koro-koro, aku nyempetin jeprat-jepret. Bukan nyelfi, tapi nge-fotoin bokap. Kan gak lucu, foto aku udah puluhan, foto papa sebiji dua biji doang. Duralex syekali saya. :v yaudah, pas disuruh pose, baru juga beberapa kali pose, beliau malah minta kameranya dan malah nyuruh gentian daku yang pose. Wkwkwk. Ngeliat noraknya aku dan papa kemaren, Pak Jondra komen sambil ketawa, “kau ya ta. Gak pernah pak Naden jadi tukang poto. Baru kau-lah yang berani.” :v Yah, itulah, kasih sayang seorang bapak sama anaknya. Ahahaha.. :D

Papa emang the best, gak bosan-bosan ngejepretin. Dari moto-in di dek kapal, di boat, di titi dermaga, di lokasi outond, sampe minjem hammock orang. Ahahaha. Dalam hati si empunya hammock mungkin kek gini, “saya kenapa nggak diajakin foto, ya?” wkwkwkwk. Tapi dia ternyata memilih kabur dan mengikhlaskan hammocknya di pake meng-alay sama aku. Thank you, om yang punya hammock. :D

Kita pulang ditandai dengan lagu Kemesraan yang awalnya dibawakan sama Pak Guru dan Pak Hamdan. Dan kemudian diramekan oleh kami. Ditutup dengan gelang sipaku gelang, akhirnya liburan kita seharian selesai. Dipenghujung, mereka bilang, “Sekian liburan kita di Pulau Siba, sampai ketemu di pulau-pulau berikutnya…” Kali aja liburan selanjutnya kita bisa berangkat ke Sabang Island, iye tak? :D

Well, inilah perjalanan liburan kita, keluarga besar SMP Muhammadiyah 06 di penghujung tahun ini. Semoga menjadikan silaturahim semakin erat dan kekeluargaan semakin rekat. Dan semoga pulau selanjutnya yang kita kunjungi beneran Sabang ya… Aamiin.. J


Sampai ketemu di ‘My Journey’ selanjutnya… :D









Tidak ada komentar:

Posting Komentar