Rabu, 18 Januari 2017

MY JOURNEY – MEMBOLANG DI KAMPUNG ORANG (BINJAI PUNYA CERITA)

Liburan kemarin benar-benar kumanfaatkan buat benar2 liburan. Dua minggu minus tiga hari karena harus tugas menemani anak-anak buat mengikuti Jambore Daerah Hizbul Wathan di Sibolangit. Eh, tapi itu juga udah masuk ke daftar liburan sih. Lumayanlah, tiga hari di udara pegunungan, tiga hari seru2an sama anak2, tiga hari bisa leyeh2 tanpa pegang kerjaan rumah. Wkwkwkwk.

Tapi, segimanapun hepi-nya disana, ternyata badan tetap menuntut waktu untuk istirahat. Sepulang dari Sibolangit, aku mendekam di rumah buat puas2in tidur, buat santai2 tanpa harus diburu waktu. Tadinya kupikir, aku bakal manfaatin liburan ini buat ‘me-ratu’ di rumah aja. Kalopun mau keluar palingan hanya untuk sekedar lepas penat. Palingan ke mall, atau hunting sesuatu. Tapi, hellow, masih tiga hari aku di rumah, bosan mulai merajalela. Mulailah aku mikir harus kemana aku menghabiskan liburan.

Setelah mempertimbangkan beberapa destinasi, entah gimana, aku ngerasa mendadak kangen sama perjalanan dengan kereta api. Sebenarnya udah kepingin dari kemaren2, tapi karena belum nemu momen yang pas, jadilah gak berangkat2. Kali pertama dan kali terakhir aku naik kereta api waktu semester tiga di S1. Kemaren kita berkunjung ke Kisaran sama temen2 Dinamika buat ngasi pelatihan jurnalistik disana. So, liburan kali ini, aku harus nyobain lagi naik kereta api. Dan ya, tujuan yang paling memungkinkan adalah Binjai. It will be nice. ***
Kami tiba di stasiun kereta api sekitar jam 10 pagi. Pengunjung stasiun gak begitu rame sih. mungkin karena hari kerja. Jam keberangkatan kereta bisa di cek di beberapa titik di stasiun. Atau bisa di cek secara online. Kereta api Srilelawangsa yang akan berangkat menuju Binjai katanya akan berangkat dari Medan jam 11.00 WIB dan akan tiba di Binjai jam 11.32 WIB.

Berbekal tiket dengan harga Rp.5.000 kita masuk ke ruang tunggu kereta. Kita manfaatin waktu nunggu yang sekitar sejam lagi dengan sangat cerdas. Maklum, sebelumnya belum pernah narsis di stasiun. Jadilah kita jalan sana sini buat foto2. Wkwkwk.

Akhirnya, aku ngerasain loh yang namanya berebut masuk ke gerbong kereta. Aku berasa kayak di tipi2, yang berebut tempat duduk itu. Padahal gerbong keretanya banyak. Ternyata pemirsah, kita berebut masuk ke gerbong melalui pintu gerbong yang sama. Padahal nih, pintu gerbong yang terbuka tuh banyak. Hahahahhahaa. Nampak kali penumpang2nya ini penumpang amatiran.

Ada yang berbeda antara suasana kereta api menuju Kisaran dengan suasana kereta api menuju Binjai. Kalo boleh jujur, yang paling kurindukan dari kereta api itu, selain bunyinya yang “gejess...gejesss..” adalah suara abang2 dan ibu2 yang jualan di dalam kereta. Aku kangen denger “cangcimen..cangcimen.. kacang, kuaci, permen.” Aku kangen sama tawaran, “minumnya dek... satenya.. keripiknyaa..” Hahahaha... aku kangen itunya sebenernya. Tapi amat sangat disayangkan, di kereta api menuju Binjai tak kutemukan yang demikian itu, mungkin karena perjalanan yang singkat kali ya. Palingan cuma 30 menit. Jadi ya siapa juga yang mau beli ya kan?

Binjai baru selesai hujan saat kami tiba. Aroma tanah basah menyambut ramah. Kondisi stasiun Binjai sedikit eksotis dibanding Medan. Nuansa zaman dulu masih lekat disana. Mungkin karena belum ada renovasi2 yang merubah bentuk, jadi kesannya masih alami. Jauh dari kesan kekinian, tapi justru unik dan menyenangkan.

Dan pemirsaaaaahh, perjalanan alias membolang kita di kampung orang pun dimulai. Tujuan pertama ; Masjid Raya Binjai. Berjarak sekitar 15 menit dari stasiun kereta api. Masjid raya Binjai ini gak jauh dari pasar alias pajak. Entah pajak apa namanya. Kalo search di gugel, Jl. Kh Wahid Hasyim No.3, Pekan Binjai, Binjai Kota. Di depan masjid banyak banget yang jualan. Wanginya kemana2. Hahaahaa. Trus di lingkungan masjid ada abang2 jual siomay, tapi diplastikin. Gak pake piring. Yang beli banyaaakkk bangeeett. Jadilah aku kepingin. Padahal udah makan molen. :v Jadilah belik siomay lagi. Hahahaha. Enak loh. Nanti kalo ke Binjai lagi makan siomay disana lagi ah. :v

Setalah tadinya kita ke Masjid Raya Binjai pake bentor alias becak motor, kali ini kita ke Lapangan Merdeka Binjai-nya secara manual. Alias jalan kaki. :v Ini baru namanya membolang. Jaraknya lumayan loh. Oh iya, fyi, kita sebenarnya punya beberapa orang teman anak Binjai. Yang kalo kita mau, kita bisa hubungi mereka buat bawa kita jalan keliling Binjai, dan pasti kita gak perlu jalan kaki. Untuk beberapa alasan, kita gak hubungi mereka. Biar berasa bener2 membolang aja gitu. :v

Lapangan Merdeka Binjai mirip2 Lapangan Merdeka Medan-lah. Ada podiumnya, ada beberapa ornamen di beberapa titik, ada fasilitas buat olahraga. Bersih. Kemarin pas kita datang, di lapangannya lagi gak ada acara apa2. Jadi ya cukup sepi.

Puas jalan2, dan foto2, kita akhirnya menuju destinasi terakhir kita, Binjai Super Mall. Mall-nya orang Binjai. Eeaaa... Kita kesana pake angkot. Udah gak kuat jalan lagi. Hahahaha. Kalo mall mah dimana2 ya gitu2 aja ya. Kita langsung menuju food court buat cari makanan. Dan food court-nya juga ya gitulah, kayak food court pada umumnya.

Well, akhirnya kita harus bergegas pulang. Kebetulan stasiun kereta api gak jauh dari BSM. Dan kita lagi2 kesananya pake manual. Capek sih. tapi seru. Hahahaha.

Ada satu hal penting yang bisa kita tiru dari Kota Binjai. Sepanjang jalan, di jalan2 yang kita lewati secara manual, gak ada sampah sama sekali. Kota ini benar2 bersih. Mungkin bersih itu udah jadi budaya kali ya buat mereka. Oh iya, pas di depan Lapangan Merdeka Binjai, di perempatan itu, gak ada satu kendaraan pun yang melewati garis batas untuk penyeberangan. Semua ada di belakang garis. Tertib. Gak tau deh ya itu memang sudah membudaya, atau kaena kebetulan tempatnya memang du tengah Kota. Jadi ya kudu tertib kalo gak mau ditilang. Tapi terlepas dari itu, kesan yang kudapat setelah kemarin seharian membolang disana, Binjai adalah kota yang bersih dan tertib.

Kira2, ada lagi nggak icon Kota Binjai yang belum kita datangi?