Jumat, 25 Oktober 2019

MY LIFE JOURNEY – PREGNANCY DRAMA II


Alhamdulillah, sudah berjalan di minggu ke-36. Semua lika liku di dunia per-hamil-an ini sudah nyaris selesai. Insya Allah sebentar lagi bakal ketemu sama dedek bayi yang sehat dan cakep. Insya Allah. Semakin kemari, semakin banyak drama yang kudu dilewati. Mulai dari susah tidur malam, lesu di pagi hari, sementara harus beraktivitas seharian yang mengharuskan banyak jalan dan naik turun tangga. Habis itu malamnya susah tidur lagi. Dan siklus itu terus berjalan.




Walhasil, suami akhirnya nyaranin buat ambil cuti duluan aja. Blio mungkin gak tega ngeliat aku yang dengan perut besar naik turun tangga sepanjang hari. Terus bukan cuman karena gak tega, tapi juga karena khawatir. Terus terang, kadang2 kalo pas lagi capek, serasa badan ini condong ke belakang kalo pas naik tangga, dan itu aku ceritain ke blio. Terus besok2nya blio bilang, “udah, ambil cuti aja. kita gak tau naas kita dimana.” Mendengar itu, kulangsung mengkerut. Sebenarnya, kalo disanggup2in, kayaknya sih masih sanggup. Yaaa.. walopun malemnya pake drama kaki kram sih. Tapi begitu dengar kata ‘naas’ itu, aku gak berani komentar banyak selain, “iya, mas.”

Beroleh izin dari kepsek, akhirnya sudah tiga hari berjalan aku cuti dan istirahat di rumah. Memasuki minggu ke-36 ini memang badan terasa lebih cepat capek. Mungkin karena perut juga udah mulai membuncit klimaks, dan berat badan udah mencapai 66 kilo. Sumpah, baru kali ini aku ngerasain punya bobot sebegitu gede. -__- Mana masih minggu ke-36, berarti perjalanan masih panjang menuju minggu ke-40 kan. Wih... -_-“

Drama demi drama tetap terjadi meski aku udah ambil cuti. Mungkin karena emang biasa sibuk dan biasa beraktivitas ya, jadi kalo di rumah aja, aku berasa ... hampa. (Mungkin karena gak ada suami juga sih di rumah). Beneran, seharian di rumah tuh rasanya kayak aku gak tau harus ngapain. Semuanya berasa membosankan. Kayaknya kerjaan rumah tuh itu itu aja dan bikin boring. Setiap hari berlalu begitu saja. Emang dasar manusia ya. Dikasih kerja, kepingin cuti. Dikasih cuti kepingin kerja. Gak pernah berpuas hati.

Kemarin kupikir, kalo aku istirahat di rumah, aku bakal gak ketemu lagi dengan drama kaki dan betis kram tengah malam. Iya, kaki emang udah gak kram. Tapi susah tidur malam tetap ada. Nyari posisi yang pas buat tidur tuh kayaknya susaaaaah banget. Miring kiri salah, kanan salah, telentang apalagi. Apalagi kalo udah terbangun tengah malam. Sejam kemudian baru bisa tidur lagi. Nah sekarang, karena aku udah boci, sudah semakin jelaslah bahwa ku pasti akan sulit tidur malam. Terus, mau dilarang boci? Kusungguh tak bisa. Ku-gabut bener seharian di rumah tanpa aktivitas. Jadi boci itu salah satu pelarian.

Drama kedua setelah cuti adalah perasaan was-was, ‘gimana kalo gue tiba2 mau lahiran?’

Entah gimana rasanya suka deg-degan sendiri. Terus gimana kalo nanti pas melahirkan gue kenapa2, bayi gue kenapa2, terus apa gue sanggup menghadapi persalinan? Gimana kalo begini, kalo begitu. Ternyata setelah di searching, kekhawatiran tak beralasan itu emang kerap menghampiri ibu yang sudah hamil tua. Padahal mah ya kalo dipikir2, semua ibu toh melahirkan. Dan melahirkan secara normal adalah karunia Allah untuk perempuan. Jadi apalagi yang dikhawatirkan.

Rasa cemas dan galau itu akhirnya berusaha kutepikan dengan berusaha berpikir positif. Kualihkan semua rasa cemas itu dengan rasa ingin bertemu bayi imut yang masih dalam perut. Bareng suami, kita mengemasi barang yang akan dibawa pas proses melahirkan tiba nanti. Jadi aku sudah menyiapkan plan jika aku berasa mau melahirkan saat suami sedang bekerja.

Begitu berasa mules2 mencurigakan, langsung order gojek, tenteng tas yang emang sudah stand by, kunciin semua pintu, telpon suami, telpon mamak, dan bersiap berjuang. Kayaknya simpel kan ya. semoga memang bisa se-simpel ini saat waktunya tiba. Tapi aku lebih berharap aku bakal melahirkan pas hari minggu, jadi suami ada di rumah. Hehehe.

Eh ada lagi drama yang bikin agak2 manyun. Di usia kehamilan segini tuh kan suka kelaperan. Nah pas cek ke bidan barusan, bidannya bilang, berat bayinya udah pas, jangan bertambah lagi. Kalo bayinya besar kali, nanti lama masuk panggul, dan susah ngeluarinnya. Terus katanya, makan nasi-nya dikurangi. Masih boleh sih makan nasi tiga kali sehari, tapi porsinya sedikit. Banyakin makan sayuran, lauk pauk, dan buah2an. Terus kalo aku laper pas gak di jam makan, aku kudu piye? Masa nahan laper? Tapi drama ini baru dimulai. Baru nyobain makan nasi dikit banget porsinya, gileee... Pasti kalo suami liat porsi makan gue, dia pasti bakal kasian. >_< Porsi segitu palingan sejam dua jam lagi laper lagi. -,-

So far, drama kehamilan yang terasa saat ini ya cuman segitu lah. Dan kata mbah gugel, itu semua adalah hal yang lumrah, wajar, dan sangat normal. Semoga gak nambah drama2 yang lain deh. Karena ini saja sudah membuatku cukup dilema.

Kayaknya ini aja deh ya, blogpost-ku hari ini. Doakan aku sehat, bayiku sehat, diberi kemudahan dan kelancaran untuk persalinan nanti. Aamiin. Semoga doa2 baik ini juga kembali pada kawan2 sekalian. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar