Sabtu, 27 Juli 2013

ITU KAN BAJU MAMA

Kalau ngomongin soal mama, selain tentang nasihat-nasihat panjangnya yang ngalahin jalan terpanjang yang ada di Medan, aku juga ingat akan kekonyolan-kekonyolan yang aku dan mama pernah lakoni. Semuanya selalu bikin ngakak atau paling enggak nyengir. Bukan karena sekedar cetarnya kelakuan kita berdua, tapi juga karena malunya aku yang dibikin mati kutu sama mama, atau muka yang bak kepiting rebus juga karena mama. Dan belum lagi mama yang jadi salah tingkah karena ulahku. Fiuuh. Kalau aja aku anak yang tidak berbakti dan enggak lihai mencuri hati, kali aja mama udah ngutuk aku jadi kecebong. >_<

Untungnya, kekonyolan yang kami ciptakan itu berakhir sebagai bahan lucu-lucuan. Hiburan buat kita kenang, dan tentu mereka-mereka yang beruntung menyaksikan. Yah, aku memang dibikin malu semalu-malunya, tapi ternyata di balik itu, aku punya cerita yang akan menghibur kalian, pembaca setia yang suka nongkrong di blog-ku tersayang ini. Serta, pesan moral yang kudu kita amalin sama-sama. :)

Salah satu kisah unik, ehmm, bukan unik sih, malu-maluin lebih tepatnya, adalah pas aku mau pergi kondangan. Jadi ceritanya, badan mama dan aku gak begitu beda ukuran. Bukan, bukan aku yang gendut. Tapi mama emang agak langsing karena memang gak bisa dibilang bener-bener langsing, sih. Kebetulan waktu aku lagi ngobrak-abrik lemari buat nyari padu padan busana yang cakep dan unyu buat di pake, lemariku lagi blong. Alias semua baju-baju keren lagi ada di tumpukan pakean kotor dan sebagian lagi nangkring di baskom pakean yang belum disetrika.

Aku mikir, kalau nyetrika lagi, bakal kelamaan. Sementara teman-teman bakal jemput sebentar lagi. Sembari mikir, aku mengedar pandang kesana kemari, nyari-nyari sosok mama yang dari tadi gak keliatan. Beberapa detik kemudian, mataku mendarat di pintu kamar mama yang agak terbuka sedikit. Pelan-pelan aku masuk. Tak kutemukan mama disana. Dan you know what? Aku ngobrak abrik lemari mama. Yah, siapapun tahu, koleksi baju-baju mama kita pasti lebih banyak, lebih bagus, dan tentu lebih mahal dari pada punya kita sendiri.

Dan, taraa…! Aku menemukan baju keren warna hijau tosca dari balik daun pintu lemari mama, dan menyambar ban pinggang keren dari gantungan yang juga ada di lemari. 

Aku gak ingat baju itu dibeli mama kapan, dan berapa harganya. Yang kutahu, baju ini keren, dan aku juga akan kelihatan keren saat mengenakannya. Tepat, aku puas menyaksikan penampilanku dengan bantuan cermin gede. Yang juga masih milik mama. Eh, kayaknya, semua yang oke-oke itu punya mama semua ya? -_-"

Udah merasa cantik, aku mengendap-endap keluar kamar menuju pintu depan. Harusnya teman-temanku bakal datang sebentar lagi. Jangan sampai mama tahu aku make baju ini karena aku yakin seyakin-yakinnya, mama pasti protes. Yah, baju-baju mahal hanya untuk mama, memang.

Merasa di atas angin karena gak melihat dan mendengar suara mama dari tadi, aku mengambil posisi duduk manis di kursi depan. Kayaknya mama keluar deh, kali aja belanja, atau silaturahmi ke rumah tetangga.

“Assalamualaikum,” sapa segerombolan cewe-cewe dengan dandanan khas kondangan, teman-temanku.

“Wa’alaikumsalam. Lama amat sih, yuk, buruan,” aku segera bergegas. Hellow, kalau sampai mama lihat, semua bakal kacau, dan kemungkinan terburuk, aku batal pergi.

“Izinnya ntar aja kalau udah di jalan,” sambungku lagi sambil mengajak mereka segera keluar.

“Lita!”

Deg! Itu suara mama!

Dengan adegan slow motion aku menoleh ke belakang, eh, kesamping. Kudapati mama terbelalak dengan kantung belanjaan di tangan.

“ITU KAN BAJU MAMA!”

Aku kaku. Teman-temanku juga.

Sesaat setelah sambaran geledek dari kalimat mama, aku tersadar. Buru-buru aku mencoba membuat mama bungkam. Tengsin euy, kalau teman-teman pada tau aku make baju mama.

Dengan usaha keras aku ngedip-ngedipin mata, berharap mama ngerti. Tapi yang ada malah……

“Kamu ngapain kedip-kedip gitu? Kualat kan, make baju mama gak bilang-bilang! Lagian, masih gadis kok pake baju ibu-ibu,” omel mama panjang tanpa peduli akan kehadiran teman-temanku.

 “Mamaa…” keluhku miris.

Aku tau teman-temanku turut prihatin, sampai Ayu bilang, “yaudah, ganti dulu sana, bajunya.”

Asli! Aku malu abis!

Dari kejadian konyol nan memalukan, serta dengan kadar tengsin yang mematikan itu, aku akhirnya memetik beberapa pesan moral.

Pertama, jangan pake adegan slow motion ketika ngerasa kepergok. Bagusan ngacir aja. Hehehe.

Kedua, ajari mama kita isyarat-isyarat. Salah satunya masalah kedipan mata. Jangan sampe pas kita kedip-kedip ngasi isyarat kita disangkain kualat.

Ketiga, ini yang terakhir dan paling penting. Jangan make baju mama tanpa izin.

Semoga tulisannya gak cuma bikin nyengir, tapi juga bermanfaat. Hehehe.. ^_^

*) Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Perdana Fardelyn Hacky'sBlog dengan tema 'OMG, My Mom!'


Tidak ada komentar:

Posting Komentar