Rabu, 25 Desember 2013

Iklan Tory Cheese Crackers, Susu Soda Tumpe-Tumpe, Freshtea Truk Gandeng


Awalnya, sebelum ada event lomba review iklan yang diadakan sama Habib Think, aku jarang banget memperhatikan iklan. Malah cenderung gak suka. Yah, bayangin aja, pas lagi enak-enaknya nonton film, eeehh, tiba-tiba iklan. Kalo lagi nonton film bioskop di tv lagi, hadeeehh, bikin aku langsung ganti kegiatan. Tadinya nonton sambil selonjoran, jadi nonton sambil merem dan rebahan. Dua tiga menit setelahnya, tidur dah.

Setelah menyadari responku terhadap iklan yang minim banget, aku jadi ngeh kenapa simbol-simbol penyesatan itu ada. kayak yang sering diulas di blog Habib Think, mereka hanya menyematkan simbol, yang kerap kali terabaikan oleh kita. padahal, siasat mereka adalah agar alam bawah sadar kita yang menyerap informasi itu. Analoginya gini, sekalipun aku gak perhatian sama iklan-iklan di tv, paling enggak pas adikku sakit kepala, aku langsung ingat iklan obat sakit kepala di tv, langsung sebut merk dah. Terus, kalau misalnya aku lagi senggugutan, langsung inget iklan obat yang tepat. Gitu. Jadi, seminim apapun perhatian kita terhadap simbol yang mereka sisipkan, baik di film, di lagu, di iklan, ya sedikit banyaknya, alam bawah sadar kita sudah terbiasa dengan simbol-simbol itu. Kita menganggapnya bukan lagi sesuatu yang perlu diperdebatkan. Dan, masuklah kita kedalam perangkap mereka.

Kayak pas konser musik perayaan ulang tahun salah satu stasiun tv. Aku jelas-jelas ngeliat banyak banget simbol-simbol disana, kayak mata satu, piramida yang ujungnya terpenggal, kotak hitam putih papan catur, terus ada tiga penyanyi yang berdiri di tempat yang agak tinggi membentuk segitiga dan di sekelilingnya dipenuhi orang-orang berjubah hitam-hitam kayak pemuja setan. Jelas banget kan? Tapi kok rasanya sayang banget mau pindah channel. Lagunya enak soalnya. Perpaduan penyanyi yang duet juga enak diliat. Nah loh? Kayaknya aku juga udah masuk dalam perangkap mereka. Astaghfirullah.

Tapiiii… aku bukan mau membahas iklan-iklan provokatif kayak Habib. Aku lebih milih iklan yang konyol. Ada beberapa iklan yang akan kuulas, semuanya konyol dan gak penting. Eh, tapi malah ketidakpentingannya itu yang ngebikin aku teringat, dan mungkin juga ngebikin akmu teringat langsung sama iklan yang dimaksud.

Nih.

Iklan Tori-Tori

Ini iklan sempet ngebikin aku terpelongo pas pertama kali lihat. Emang apa hubungannya gitu kan Tory cheese crachers sama dua pesumo yang pake kostum ala superman tanpa jubah dengan seorang cewek yang pake baju kuning. Terus joget-joget gak jelas dengan ritme ¾. Kedua tangan membentuk gerakan memutar dan kaki letter o yang juga diputar-putar. Apa hubungannya coba? Sumpeh, dari awal itu iklan nongol, sampai belakangan gak pernah kelihatan lagi, aku sama sekali gak ngerti apa maksud tuh iklan. Kamu ada yang ngeh? Boleh tolong di share?

Sama sekali gak nyambung, dan cenderung konyol. Tapi aku yakin, kamu semua pasti langsung tahu iklan yang kumaksud. Itu artinya, iklan itu berhasil. Iya gak?

Kedua, iklan Tumpe-tumpe Jupe

Hayoo.. ada yang ingat iklan ini? Itu loh iklan minuman anak-anak Segar Sari Susu Soda. Tapi, hei, bintang iklannya adalah perempuan yang identik dengan image seksi, dan porn. Gak pantes buat dilihat anak-anak. Masa iya sih, iklan buat anak-anak, yang ditampilkan di jam nontonnya anak-anak disuguhi yang begituan?

Tahu iklannya yang mana kan? Pasti ingat. Tapi buat lebih menambah ingatan kamu, lihat videonya disini.
Tuh, kan? Gak pantes kan? Di iklan itu, si jupe pake baju pink yang super ketat, dikelilingi anak-anak muda, alias abege. Mana ada scene yang si jupenya picing sebelah mata kayak kedipan menggoda p

ula. Apa maksudnya innniih? Klimaksnya adalah, jeng jeng jeeeng.. di ending iklan, si jupenya berujar dengan nada suara yang menjijikkan, “Segar Sari Susu Soda..Enaknya ampe tumpe-tumpe.."

Iiihhh… apanya coba yang tumpe-tumpe? Susu yang mana coba? *polos*

Gak tahu deh maksud marketernya apaan pas bikin iklan model begini. Kali aja cuman biar kita-kita pada ngomentarin, terus, dia jadi beken karena banyak yang membicarakan. Coba aja search, banyak banget yang ngomongin iklan ini. Yaah, kayak Farh*t Abb*s sih, nyari sensasi buat mendongkrak popularitas. Nah loh? Kayaknya aku dan kita yang membicarakan iklan ini sudah terjebak. -__-

Yang terakhir, Iklan Truk Gandeng

Ini iklan lagi populer-populernya di kalangan anak muda. Bahkan anak kecil sekalipun. Ini videonya.

Iya kan? Untuk bahan lucu-lucuan sih awalnya, tapi lihat deh, tampang ngenesnya si cowok yang lagi nunggu bus di halte itu hanya karena dia jomblo. Sekali lagi, jomblo. Yaiyalah aku bilang jomblo, wong dia masih pake baju putih kayak baju sekolah gitu, masa dibilang karena dia gak punya istri?

Cuman karena tetangga kanan kiri punya pasangan, dan dia enggak, dia jadi desperate. Menganggap hidup itu kejam, keras, dan tak berperasaan, ketika seorang adek perempuan  kecil datang dan bilang, “om..om.. truk aja gandengan, masa om enggak…” dan si cowok pun menangis keras, meratapi nasib.

Hellow? Sebegitukah labilnya anak muda zaman sekarang? Hanya perkara gak punya pacar, dan dunia serasa panas membakar? *soalnya iklan ini iklan Freshtea. Si cowok langsung adem begitu botol dingin freshtea ditempelin ke mukanya. Adegan yang super lebay, dan konyol.

Padahal, apa coba hebatnya truk gandeng? Lambat, kayak keong. Soalnya truk yang sebelah belakang cuma jadi penambah bobot yang di depan. Lha, tu cowok mau aja disamain kayak truk gandeng. Gak mikir sih, kalo ngegandeng cuman bikin ribet. Hehe. Terusnya lagi, kenapa yang bilang “truk aja gandengan….dst..” itu anak kecil ya? tahu apa sih anak kecil soal gandengan? Aku mendadak puyeng. -___-

Nah, itu dia ulasan tentang iklan yang menurutku konyol, gak ada di kategori sih, jadi anggap saja iklan yang kubahas adalah iklan lucu, kecuali iklan tumpe-tumpe. Iklan itu lebih menjurus ke iklan provokatif karena membuat anak-anak jadi terbiasa dengan Jupe yang ber-image tanda kutip.

Buat pejabat-pejabat berwenang, kayak KPI, ada baiknya nih iklan-iklan nyeleneh yang “gak pas” di tindak lanjuti. Biar gak berefek ke psikologis penonton.

4 komentar:

  1. kak des. aku gak bisa menghubungi kakak sebulan ini. Aku mau bilang kaka juara dua. kakak mau transfer apa pulsa aja ni?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bibiiiib, kakak udah lama gak buka blogpost yg ini. baru kebaca. :D juara dua? wow, makasih yaaa...

      Hapus
  2. provokator nomor satu emang

    BalasHapus
  3. wah ini masukan yang baik buat KPI

    BalasHapus