Awalnya,
sebelum ada event lomba review iklan yang diadakan sama Habib Think, aku jarang
banget memperhatikan iklan. Malah cenderung gak suka. Yah, bayangin aja, pas
lagi enak-enaknya nonton film, eeehh, tiba-tiba iklan. Kalo lagi nonton film bioskop
di tv lagi, hadeeehh, bikin aku langsung ganti kegiatan. Tadinya nonton sambil
selonjoran, jadi nonton sambil merem dan rebahan. Dua tiga menit setelahnya,
tidur dah.
Setelah
menyadari responku terhadap iklan yang minim banget, aku jadi ngeh kenapa
simbol-simbol penyesatan itu ada. kayak yang sering diulas di blog Habib Think,
mereka hanya menyematkan simbol, yang kerap kali terabaikan oleh kita. padahal,
siasat mereka adalah agar alam bawah sadar kita yang menyerap informasi itu. Analoginya
gini, sekalipun aku gak perhatian sama iklan-iklan di tv, paling enggak pas
adikku sakit kepala, aku langsung ingat iklan obat sakit kepala di tv, langsung
sebut merk dah. Terus, kalau misalnya aku lagi senggugutan, langsung inget
iklan obat yang tepat. Gitu. Jadi, seminim apapun perhatian kita terhadap
simbol yang mereka sisipkan, baik di film, di lagu, di iklan, ya sedikit
banyaknya, alam bawah sadar kita sudah terbiasa dengan simbol-simbol itu. Kita
menganggapnya bukan lagi sesuatu yang perlu diperdebatkan. Dan, masuklah kita
kedalam perangkap mereka.
Kayak
pas konser musik perayaan ulang tahun salah satu stasiun tv. Aku jelas-jelas
ngeliat banyak banget simbol-simbol disana, kayak mata satu, piramida yang
ujungnya terpenggal, kotak hitam putih papan catur, terus ada tiga penyanyi
yang berdiri di tempat yang agak tinggi membentuk segitiga dan di sekelilingnya
dipenuhi orang-orang berjubah hitam-hitam kayak pemuja setan. Jelas banget kan?
Tapi kok rasanya sayang banget mau pindah channel. Lagunya enak soalnya. Perpaduan
penyanyi yang duet juga enak diliat. Nah loh? Kayaknya aku juga udah masuk
dalam perangkap mereka. Astaghfirullah.
Tapiiii…
aku bukan mau membahas iklan-iklan provokatif kayak Habib. Aku lebih milih
iklan yang konyol. Ada beberapa iklan yang akan kuulas, semuanya konyol dan gak
penting. Eh, tapi malah ketidakpentingannya itu yang ngebikin aku teringat, dan
mungkin juga ngebikin akmu teringat langsung sama iklan yang dimaksud.
Nih.
Iklan
Tori-Tori
Ini
iklan sempet ngebikin aku terpelongo pas pertama kali lihat. Emang apa
hubungannya gitu kan Tory cheese crachers sama dua pesumo yang pake kostum ala
superman tanpa jubah dengan seorang cewek yang pake baju kuning. Terus joget-joget
gak jelas dengan ritme ¾. Kedua tangan membentuk gerakan memutar dan kaki
letter o yang juga diputar-putar. Apa hubungannya coba? Sumpeh, dari awal itu
iklan nongol, sampai belakangan gak pernah kelihatan lagi, aku sama sekali gak
ngerti apa maksud tuh iklan. Kamu ada yang ngeh? Boleh tolong di share?
Sama
sekali gak nyambung, dan cenderung konyol. Tapi aku yakin, kamu semua pasti
langsung tahu iklan yang kumaksud. Itu artinya, iklan itu berhasil. Iya gak?
Kedua,
iklan Tumpe-tumpe Jupe
Hayoo..
ada yang ingat iklan ini? Itu loh iklan minuman anak-anak Segar Sari Susu Soda. Tapi, hei,
bintang iklannya adalah perempuan yang identik dengan image seksi, dan porn. Gak
pantes buat dilihat anak-anak. Masa iya sih, iklan buat anak-anak, yang
ditampilkan di jam nontonnya anak-anak disuguhi yang begituan?
Tahu
iklannya yang mana kan? Pasti ingat. Tapi buat lebih menambah ingatan kamu,
lihat videonya disini.
Tuh,
kan? Gak pantes kan? Di iklan itu, si jupe pake baju pink yang super ketat,
dikelilingi anak-anak muda, alias abege. Mana ada scene yang si jupenya picing
sebelah mata kayak kedipan menggoda p
ula. Apa maksudnya innniih? Klimaksnya adalah, jeng jeng jeeeng.. di ending iklan, si jupenya berujar dengan nada suara yang menjijikkan, “Segar Sari Susu Soda..Enaknya ampe tumpe-tumpe.."
Gak tahu deh maksud marketernya apaan pas bikin
iklan model begini. Kali aja cuman biar kita-kita pada ngomentarin, terus, dia
jadi beken karena banyak yang membicarakan. Coba aja search, banyak banget yang
ngomongin iklan ini. Yaah, kayak Farh*t Abb*s sih, nyari sensasi buat
mendongkrak popularitas. Nah loh? Kayaknya aku dan kita yang membicarakan iklan
ini sudah terjebak. -__-
Yang
terakhir, Iklan Truk Gandeng
Ini
iklan lagi populer-populernya di kalangan anak muda. Bahkan anak kecil
sekalipun. Ini videonya.
Iya
kan? Untuk bahan lucu-lucuan sih awalnya, tapi lihat deh, tampang ngenesnya si
cowok yang lagi nunggu bus di halte itu hanya karena dia jomblo. Sekali lagi,
jomblo. Yaiyalah aku bilang jomblo, wong dia masih pake baju putih kayak baju sekolah
gitu, masa dibilang karena dia gak punya istri?
Cuman
karena tetangga kanan kiri punya pasangan, dan dia enggak, dia jadi desperate. Menganggap
hidup itu kejam, keras, dan tak berperasaan, ketika seorang adek perempuan kecil datang dan bilang, “om..om.. truk aja
gandengan, masa om enggak…” dan si cowok pun menangis keras, meratapi nasib.
Hellow?
Sebegitukah labilnya anak muda zaman sekarang? Hanya perkara gak punya pacar,
dan dunia serasa panas membakar? *soalnya iklan ini iklan Freshtea. Si cowok
langsung adem begitu botol dingin freshtea ditempelin ke mukanya. Adegan yang
super lebay, dan konyol.
Padahal,
apa coba hebatnya truk gandeng? Lambat, kayak keong. Soalnya truk yang sebelah
belakang cuma jadi penambah bobot yang di depan. Lha, tu cowok mau aja disamain
kayak truk gandeng. Gak mikir sih, kalo ngegandeng cuman bikin ribet. Hehe. Terusnya
lagi, kenapa yang bilang “truk aja gandengan….dst..” itu anak kecil ya? tahu
apa sih anak kecil soal gandengan? Aku mendadak puyeng. -___-
Nah,
itu dia ulasan tentang iklan yang menurutku konyol, gak ada di kategori sih,
jadi anggap saja iklan yang kubahas adalah iklan lucu, kecuali iklan
tumpe-tumpe. Iklan itu lebih menjurus ke iklan provokatif karena membuat
anak-anak jadi terbiasa dengan Jupe yang ber-image tanda kutip.
Buat
pejabat-pejabat berwenang, kayak KPI, ada baiknya nih iklan-iklan nyeleneh yang
“gak pas” di tindak lanjuti. Biar gak berefek ke psikologis penonton.
kak des. aku gak bisa menghubungi kakak sebulan ini. Aku mau bilang kaka juara dua. kakak mau transfer apa pulsa aja ni?
BalasHapusbibiiiib, kakak udah lama gak buka blogpost yg ini. baru kebaca. :D juara dua? wow, makasih yaaa...
Hapusprovokator nomor satu emang
BalasHapuswah ini masukan yang baik buat KPI
BalasHapus