Selasa, 02 Januari 2018

MY JOURNEY – AIR TERJUN SAMPURAN PUTIH SIBOLANGIT

Penghujung Desember selalu jadi moment terbaek buat jalan2. Walaupun cuacanya suka labil, bentar panas, bentar hujan, bentar kangen, #eh tapi emang momentnya pas. Soalnya kerjaan satu semester udah terlewati, dan jalan2nya dianggap sebagai reward atas hasil kerja satu semester kemarin. Kalo kata dosenku, reward dan punishment itu gak cuman berlaku di instansi atau organisasi, tapi juga harus bisa diterapkan pada diri sendiri. Makanya setelah berhasil melakukan sesuatu kenapa nggak kita mengapresiasi diri kita sendiri dengan melakukan hal yang kita suka? Cocok kam rasa? Hehe.



Jadi ceritanya perjalanan kita kali ini adalah ke air terjun Sampuran Putih di Kecamatan Sibolangit. Aku udah beberapa kali lihat fotonya di instagram komunitas pecinta alam. Beberapa kali juga diajakin kesana sama beberapa orang teman, bahkan kemaren udah pernah melewati lokasinya waktu mau ke Pemandian Dua Suhu bareng sama anak ABK. Kemaren kita emang niatnya mau mampir, tapi berhubung udah kesorean, jadilah kita cuman dadah2 aja sama sungainya.

Tapi kalo udah rezeky emang gak kemana ya. Akhirnya kemaren ada trip menuju kesana dan aku join. Gak cuman sekedar jebar jebur, tapi kita nge-camp di tepi sungainya. Apa gak ntap jiwa kalii.. :D

Kita jalan dari Medan sekitar jam 8 pagi lebih kurang mohon maaf. Hehe. Perjalanan kita lumayan lancar, gak ada kemacetan yang berarti. Tapi nyampeknya agak siang, soalnya pake ada drama kesasar dulu. Nyasarnya jauh pulak. Hahahahaa.

Dan pemirsa, mulailah kita memasuki jalanan rasa sirkuit balap yang pernah aku ceritain disini. Jalannya pake batako, gak aspal. Rapi. Bagus banget. Tapi sempit. Jadinya kalo udah ada grobak, ya susah mau motong. Soalnya kanan kirinya rumput. Kita kan takut kalo tanahnya becek, takut kepleset ban kretanya.

Habis jalanan ber-batako, masuklah kita kejalur ekstrim. Jalanan dengan kondisi rusak parah. Jalannya menurun, aspalnya udah berbolongan, batunya besar2. Ampun deh gueee.. =_=

Terus terang aja aku sangsi, gaes. Sampek bilang ke yang bawa motor biar turun aja, jalan kaki sampek ketemu jalan bagus lagi. Tapi kata si pembalap itu, udah santai aja. Banyak doa. Gak apa2 kok. Yang penting yakin. Jadilah daku istighfar terus. Dan finally nyampek. Kalo aja tadi beneran turun, naik betis juga jalan jauh gitu. Hahaha.

Emang heran sih. aku udah pernah melewati jalan itu sebelumnya waktu ke Desa Suah. Kemaren malah jauh lebih ekstrim. Jalan dari simpang sampek ke Sampuran Putih itu masih belum seberapa dibanding jalan menuju Desa Suah, gaes. Yang anak komunitas pasti tau. Kemaren kok malah jadi paranoid gitu ya? Mungkin karena ngerasa beban di ransel berat kali ya? Terus kan aku juga nenteng jajanan yang di dalamnya ada aqua botol 2 liter itu. Makanya ngerasa ngeri sendiri. Yang bawa motor malah santai aja. Berusaha santai lah tepatnya. Soalnya ternyata blio juga ngerasa sangsi gegara aku ragu gitu. Tapi alhamdulillah kita nyampek dengan selamat dan rasa lega yang luar biasa. Padahal baru nyampek parkiran. :v


Tracking dari parkiran menuju lokasi camp di tepi sungai itu sekitar lima belas menit. Jalannya gak pake nanjak. Gak sulit sebenernya untuk dilalui. Tapi mungkin karena udah lelah, dan tentengan berat, makanya jadi agak ngos2an. Eh, curcol dikit, selama ini, kalo tracking ke air terjun atau ke gunung, aku jarang banget bawa beban berat. Pas ke Air Terjun Dua Warna  dan Kolam Abadi Pelaruga malah gak bawa beban sama sekali. Tapi kemaren aku bawa ransel dan tentengan berat, gaes. Melewati jalur tracking (yang namanya jalur tracking walaupun aku bilang jalannya gak pake nanjak dan relatif mudah dilalui, gak ada jalur tracking yang semulus jalan raya, ya gaes) itu dengan tumpuan kaki sendiri. Iya, biasanya emang ada yang nolongin. Kemaren, yang nolongin juga sibuk sama tentengannya. Jadi ya daku dipaksa mandiri. Hahaha. Ternyata aku sanggup loh ya. Ternyata selama ini badannya aja yang manja. Toh ini bisa kok jalan sendiri tanpa bantuan dengan ransel berat dan tentengan berat. Alhamdulillah. I broke the limit. Eaaaa.. :v

Dari tempat kita mendirikan tenda, tampak jelas si molek Air Terjun Sampuran Putih mengalir anggun. Kanan kirinya pepohonan hijau yang lebat. Sungainya lebar dengan bebatuan besar di antaranya. Airnya jernih. Kirain bakal dingin, tapi ternyata hangat. Mungkin ini karena suhu di atas air lebih dingin daripada air itu sendiri kali ya? Pokoknya rasanya hangat deh airnya.

Air terjun Sampuran Putih ini konon katanya punya 7 tingkat. Nah tempat kita ngecamp adalah tingkatan pertama. Kesannya air terjunnya pendek emang, tapi dibawahnya ada pusaran air. Jadi gak bisa ngerasain jatuhannya air terjun itu. Tapi cantik banget, gaes. Beneran. Kamu harus datang kesini, dan eksplore tempat ini. :D

Menu makan kita gak kayak orang kemping. Hahahaha. Kita makan bebek dong yaa.. wkwkwkwk. Ini penting dibahas karena out of the box banget. Kalo kemping identik sama telur, sarden, *ndomie, kita mah kemping makannya bebek gulai. Hahahahaa.. :D

Terus nih, ini kali pertama aku kemping tidur dengan berbalutkan mantel. Alternatif sih, soalnya gak bawa sleeping bag. Tidurnya juga di atas bed angin, pake bantal angin. Hahahaha. Pokoke ntap jiwa. :D Seru syekalii.

Malam itu kita tidur dengan alunan suara alam. Deru air terjun, jangkrik, dan rintik hujan. Sooo romantic. <3 Tadinya aku ngira bakal gak tidur nih. Pasti seru2an bikin api unggun. Etapi ternyata baru jam sembilanan semua udah masuk tenda. Capek apa ngantuk apa kedinginan? Wkwkwkwk.

Paginya daku sibuk teriak, “Wooii, apel wooii.. barisin anak2 woooii.. nanti telat wooii..”

Eh tapi yang diteriakin tetap aja anteng, gak bergeming. Hahahahaha.

Itulah yaa.. Kalo lagi kemping, rasanya enak banget leha2. Terus semua beban, semua masalah, amblas. Kita curhatkan semua uneg2, dan kita hempaskan ke pepohonan dan aliran sungai. Berharap saat kembali ke kota, di hati kita sudah tidak ada ruang untuk rasa kesal, marah, dan sodara2nya. Tidak ada tempat selain untuk rasa bahagia. :D

Anak pecinta alam punya motto “Tuhan bersama orang2 yang berani.” Pada akhirnya, aku menelaah kalimat ini dengan satu pernyataan, “Keragu2an itu punya setan.”

Ini kesimpulan dari perjalanan kita kemaren. Mulai dari melalui jalanan rusak, tracking, sampai ngecamp di tepi sungai. Kalo menuruti rasa gak enak hati, mau rasanya malam itu pulang lagi ke Medan. Mau rasanya beranjak dari tempat itu minimal sampek ke pemukiman warga. Tapi ternyata itu adalah tanda kita gak berani, indikasi kalo kita ragu2. Padahal kita sudah berdoa, sudah berikhtiar, dan harusnya kita bisa menikmati malam dengan damai. Cukup mengharapkan penjagaan dari Allah saja. Makanya, sebelum melakukan perjalan kita harus punya ilmunya. Minimal bisa membaca tanda2 alam. Terus, kalo kemping gitu kita emang gak boleh tidur pulas banget kayak aku kemaren pas di Paropo. Kita harus sensitif sama bunyi atau suara2. Kan soalnya di alam bebas. Kalopun pulas, minimal dalam satu tim itu ada yang terjaga, atau ada tim jaga. Ingat, kita emang harus yakin, tapi itu bukan berarti menurunkan tingkat kewaspadaan kita.

Terus terang kemaren aku sempat paranoid. Gak tau kenapa di kepalaku berkelebatan potongan2 film horror tentang perkemahan. Berlompatan di ingatan bayangan2 tentang alam yang memburuk. Pokoknya sumfeh, daku paranoid. Tapi setelah ditenangkan, diyakinkan, dan kembali meyakinkan diri sendiri dan berserah diri kepada Allah, finally, bisa tidur juga walopun gak nyenyak. Eh memang dipaksa gak boleh nyenyak sih. Haha.

Pokoknya itu dia, gaes. Mencintai alam juga harus dengan ilmu. Jangan kayak anak alay yang katanya pecinta alam, tapi petentengan. *Eh, ngerti gak sih kata “petentengan” ? bahasanya Medan kali ya kan.. :D

Over all, Air terjun Sampuran Putih is amazing. Kamu yang belum pernah kemari perlu dipernahkan-lah minimal sekali. Bermain ke alam bukan hanya sekedar untuk senang2, tapi juga untuk mengukur diri, menaklukkan ego, dan tadabbur. Betapa Allah maha kuasa telah menciptakan alam seindah ini untuk manusia. Yuk bersyukur dengan cara tetap menjaga keasrian dan kelestariannya. Jangan buang sampah sembarangan, yes!


See ya on my next journey J




Tidak ada komentar:

Posting Komentar