Selasa, 02 Januari 2018

RESENSI AYAT AYAT CINTA 2

Why Are You So Blind, Fahri? =_=



Setelah di lounching tanggal 21 Desember 2017 kemaren, aku emang excited banget mau nonton ini film. Soalnya ini merupakan pengobat rindu setelah sekitar 10 tahunan lalu Ayat Ayat Cinta menggemparkan perfilman Indonesia dan itu unforgetable banget buat aku pribadi. Film AAC yang lalu entah bagaimana berhasil membuat aku berubah menjadi sosok yang lebih religius. Sosok yang lebih mengedepankan agama dalam hal apapun. Dan lagi, cerita gimana aku nonton AAC itu juga memorable syekaliii. Dulu aku belum nge-blog, jadi belum pernah di share ceritanya. Etapi emang ada yang nanyain yak? Hihihii.. Boleh deh ya diceritain dikit, takut2 makin tua nanti ingatan ini memudar. Maklum gituu, mungkin nanti banyak hal-hal yang lebih memorable lagi buat mengisi kepala. Hahahatsyiim..

Jadi dulu ceritanya aku masih kelas X di salah satu madrasah Aliyah Negeri di Kota Medan. Iya, yang di jalan Pancing itu. :v Waktu itu, di sekolah kami diberlakukan aturan bel apel pagi jam 7.15 WIB, dan toleransi yang terlambat sampai jam  7.30 WIB. Siswa-siswi yang terlambat akan dihukum bersih2 sekolah biar ada efek jera. Tapi mungkin saat itu WKS Kesiswaan kami kesel gegara yang telat adaaaa terus. Jadi dengan berat hati, dia bilang yang telat gak bakal di kasi masuk. Alias disuruh pulang. Dan pemirsa, waktu itu aku apes. Telat. Jadilah aku nongkrong di 3M, warnet apa wartel gitulah di depan sekolah. Secara kan kalo pulang pasti dimarahin mamak. Hahahaa.

Ternyata aku gak sendiri, pelan2 berdatangan kawan2 dari kelas lain. Dan kami nonggok di 3M semua. Karena bingung mau ngapain, akhirnya ada temen yang inisiatif ngajakin kita jalan aja. bingung sih memang mau jalan kemana, kan soalnya pakek baju sekolah tuh. Masih pagi pulak. Jadilah dia ngajakin ke Gramedia Gajah Mada, trus pas agak siang ngajakin nonton ke Medan Plaza. (Waktu itu belum kebakaran, geng) itu kali pertama aku nonton ke bioskop. Kali pertama dan its emejing. Soalnya pas kita nyampek sana, sekitar jam 2 atau 3an gitu, kita ketemu kawan2 yang pulang sekolah langsung kesana. Kebayang gak gimana “hahahaha makjleb” nya moment itu? :v

Nah, kemarin, setelah bagi raport, aku nyempetin nonton AAC2. (Iya, pas AAC aku masih siswa, nah pas AAC2 aku udah jadi guru. :p)

Aku berekspektasi tinggi tentang film ini. Dengan Fahri-nya yang tak berubah, masih diperankan oleh Fedi Nuril. Ini tokoh bener2 idaman banget, gaes. Terus ada Dewi Sandra-nya. Ada Tatjana Saphira-nya. Ada Chelsea Islan-nya jugak. Wuuuhh.. Pasti seru.
Dan ke-seru-annya memang benar2 seru. Opening filmnya menggambarkan Aisha sedang berada di Gaza sebagai relawan, di tengah hiruk pikuk peperangan. Dan tiba2, dhuuuaaarrr!!! Bom meledak, dan Aisha terjerembab.

***

Dalam film ini Fahri masi digambarkan sebagai lelaki berperangai malaikat. Dia sangat baik kepada semua orang. Kepada tetangga, kepada mahasiswa, kepada siapa saja. Pokoke hablum minannas nya oke banget. Ini juga yang nantinya mempertemukannya dengan Sabina. Perempuan bercadar, berwajah cacat yang menjual dagangan berupa apa ya itu? Hmm, mungkin sejenis gantungan kunci.
Kebaikan Fahri juga tercermin dari sikapnya terhadap tetangga. Ada Keira, pemain biola yang kehilangan ayahnya karena bom teroris, dan berujung pada kebenciannya terhadap Fahri karena keislamannya. Ada pula nenek catarina, seorang Yahudi yang ditolong oleh Fahri dari kejahatan anaknya sendiri.  Kemudian ada cewek yang berprofesi sebagai pengacara tapi doyan mabuk2an dan hampir tiap malam ditolongin sama Fahri.

Fahri kehilangan Aisha sudah sekian lama, sejak kontak terakhir. Sejak itu tidak ada lagi kabar tentang Aisha. Bahkan tidak diketahui Aisha masih hidup atau sudah syahid. Hari-hari Fahri suram, meskipun ada banyak perempuan yang ada di sekitarnya mencoba menarik perhatiannya.

Salah satunya adalah Hulya. Sepupu Aisha yang datang dari Jerman untuk melanjutkan studinya. Hulya ini cantik banget. Diperankan oleh Tatjana Saphira. Doi keliatan banget emang naksir sama Fahri. Dan akhirnya emang menikah dengan Fahri, setelah drama banget, Fahri menolak lamaran ayah Hulya dengan dalih masih ingin menunggu Aisha, sampek akhirnya si Fahri-nya melamar Hulya kembali. Duh, gemash!

Jalan cerita AAC2 ini bakal membosankan kalo aja gak ada Hulusi dan Misbah. Hulusi adalah asistennya Fahri, dan Misbah adalah teman Fahri semasa masih menuntut ilmu di Kairo. Pandji sama Ari Untung ini beneran mencairkan suasana. Jadi ceritanya gak flat banget.

Di endingnya, kita kedatangan tamu dari AAC. Masih ingat Bahadur? Iya, yang jadi penjahat di AAC itu. Yang gara2 dia Fahri jadi masuk penjara. Tetiba dia nongol waktu Fahri, Hulya dan Sabina lagi di pom bensin. Dan pertarungan pun terjadi. Hulya ditusuk sama Bahadur, saat sedang hendak menolong Hulya, cadar Sabina terlepas, dan taraaaa... udah ah, gak mau ngelanjutin, nanti kamu gak nonton. Wkwkwkwk. :p

***

AAC2 sensasional banget buat aku, walopun masih gak se-cetar AAC. Eh apaan sih pake istilah cetar? -_-

Ada beberapa scene yang ajaib banget menurut aku. Dan gimana yaa.. kayak kurang pas gitu. Poin pertama yang bikin kurang greget adalah, masa iya, seorang suami yang mencintai istrinya tidak bisa mengenali istrinya dari suara, dari mata, dari gerak geriknya? Masa iya, seornag suami yang mencintai istrinya tidak bisa merasakan kehadiran istrinya di dekatnya, gak berasa ada tanda2 gimanaa gitu? Agak ajaib memang scene yang ini.

Poin kedua, tadinya aku pikir Chelsea Islan bakal memerankan tokoh yang berkaitan erat dengan kehidupannya Fahri. Secara Chelsea Islan gitu loh. Etapi, daku kecewa. Antara Keira dan Fahri ternyata tidak ada keterkaitan emosi apapun. Hanya sekedar tetanggaan, dan Fahri sebagai tetangga yang baik menolong Keira mewujudkan mimpinya. Thats all. Kirain lebih greget. Hahaha.

Next point is cerita gimana Aisha waktu di sekap sama tentara Israel di Gaza. Pas scene ini aku nangis histeris emang. Ngeri, gaes. Tapi kalo dibandingin dengan gimana penderitaan Fahri waktu di penjara di film AAC, ini masih kurang greget. Scene-nya pendek banget. Kurang puas nangisnya. :p

And the last point is, soal cangkok wajah. Wajah Aisha yang cacat, diganti dengan wajah Hulya yang syahid setelah melahirkan Umar, si baby lucuk. Emang ada yang begitu ya? Bisa gitu ya? Ya maklumlah, daku awam di bidang kedokteran. Jadi pas ngeliat ada yang begitu, shock aja. Alasannya memang karena Hulya ingin Umar bisa melihat wajahnya setiap hari. Tapi kayaknya... ahh auk ah..
 -_-

Terus nih, aku masih ingin menerka-nerka, setelah kembalinya Aisha dengan keadaannya yang sudah tidak lagi perempuan seutuhnya, apakah Fahri yang “malaikat” itu masih mencintai istrinya sepenuh hati? Mampukah ia tetap menjadikan istrinya satu2nya?

Mungkin disinilah sunnah tentang poligami itu baik untuk diterapkan. Tidak ada satu perempuan pun yang mau itu terjadi padanya, meski berhadiah-kan syurga. Tapi ketika seorang perempuan sudah tidak lagi bisa menunaikan kewajibannya secara batiniah sebagai seorang istri, maka akan sangat mulia jika ia mengizinkan suaminya menikah lagi.

Kalo film ini dilanjutkan, aku bisa prediksi Fahri si malaikat akan tetap berusaha menahan nafsu kelelakiannya, sementara Aisha si istri sholeha akan mencarikan madunya. Ya iyalah, gaes.. dulu pas masih sempurna aja, dia rela di madu sama Maria. Apalagi pas udah beginii.. eh tapi, si Fahri udah nikah tiga kali loh ya kalo diitung dari AAC sampek AAC2. Gini nih kalo lelaki baiknya kayak malaikat.

Yaudah gih, buruan nonton. Ini tuh sayang banget dilewatkan kalo kamu sempet rela ngantri buat beli tiket ACC pas tahun 2008. :v


*) Eh, kamu gak usah sebaik malaikat deh, karena aku gak se-sholeha Aisha. Hehehe. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar