Minggu, 27 Mei 2018

SALING, DONG ...


#CeritaRamadanKu #Day8

Bismillahirahmanirrahim.
Sumber : Google
Hari kedua dikasi keistimewaan sama Allah buat gak ikutan berpuasa. Dan dapat keistimewaan juga di rumah buat gak ikutan nyiapin menyajikan makanan sahur hari ini. Hehe. Alhamdulillah ya, pas mau bangkit, mamak bilang, “gak puasa, kan? Mamak aja yang nyiapkan.” Kok senang kali aku ya? Hahaha.. :p

Aku baru bangun jam 6 pagi dengan perut laper, dan langsung melongokkan kepala ke lemari makan. Ada sisa menu sahur yang kumasak pas berbuka semalam, plus telur dadar. Hmm.. kok masih ada sisanya telur dadarnya? Biasanya kalo bikin telur dadar, langsung dihabisin. Karena gak bakal enak kalo sampek sore lagi.

Dengar suara grasak grusuk di dapur, mamak yang lagi nonton tv nyeletuk, “itu ada telur dadar. Mamak suruh disisakan adekmu tadi. Manatau kau mau.”

Ohh.. perintah big boss rupanya. Pantesan. Inilah mungkin indahnya toleransi di dalam rumah. Kalo mamak gak memikirkan aku yang lagi gak puasa, mungkin dibiarinya aja telur dadar itu diembat adik2ku. Toh aku kan bisa masak sendiri nanti. Tapi nggak, gaes. Sengaja disisain. Apa nggak enak. :D

Siangnya, giliran aku yang mengaplikasikan toleransi. Aku berupaya untuk nggak makan dan minum di depan mamak dan adik2ku. Adik2ku udah gede. Udah dewasa. Gak bakal kayak anak2 yang kalo ngeliat orang makan atau minum di siang hari bakal kepingin tempus (tembak puasa). Tapi tentu aku harus menghormati mereka yang sedang berpuasa. Disinilah arti kata saling itu harus diterapkan.
Sumber : Google
Kita nggak bisa loh mengharap untuk dihargai kalo kita sendiri nggak menghargai orang lain. Dan gak bisa juga kalo kita hanya mau dimengerti tanpa mau mengerti orang lain. Ini contoh simpel dari dalam keluarga. Bayangkan gimana manisnya ukhuwah kita kalo gak perlu lagi bersitegang perihal ‘orang yang berpuasa harus menghormati yang tidak berpuasa’ atau ‘yang tidak berpuasa harus menghormati yang berpuasa’.

Saling, dong...

*Ibarat kata nih ya, cinta gak akan indah kalo gak ada dua orang yang “saling” di dalamnya. Haaaatttssyyiiimm. Iya. Bayangin kalo cintamu bertepuk sebelah tangan muluk. Sakit, geng! Sakit!*
Sumber : Google

Gitu juga dengan toleransi. Coba kalo sama2 toleransi, sama2 saling menghargai, dan sama2 saling menghormati. Kan pasti bakal nyaman banget ya rasanya. Makanya, yuk, ajarkan toleransi mulai dari dalam rumah. Jangan makan atau minum di depan mereka yang sedang berpuasa, apalagi di depan anak kecil yang sedang belajar berpuasa. Hargai kerja keras mereka untuk taat. Mungkin kalo pun kita makan di depan mereka, mereka mah cuek aja. Karena iman yang kokoh takkan terusik hanya karena air putih segelas di hari yang panas. Yang perlu dipertanyakan adalah, sebegitukah tipisnya rasa malu-mu untuk bersenang2 dengan segelas air ditengah perjuangan orang lain untuk melupakan rasa hausnya?

Demikian aja, semoga bermanfaat. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar