Minggu, 27 Mei 2018

BAJU BARU : TRANSMIGRASI JAMAAH


#CeritaRamadanKu #Day7

Bismillahirahmanirrahim.

Halo Ramadan ke-7.. Waaahh.. gak terasa udah seminggu berlalu. Alhamdulillah, lebaran tinggal 23 hari lagi.. Gimana? Sudah lapangkah shaf sholat taraweh di masjid-mu? Semoga masih padat ya. Semoga kita masih setia memakmurkan masjid. Aamiin.
Sumber : Google

Sebentar lagi, jamaah akan tereliminasi oleh waktu. Hanya yang kokoh imannya yang akan tetap kelihatan di masjid melaksanakan sholat taraweh. Tak diyana, sholat taraweh memang adalah salah satu ibadah sunnah yang paling berat. Beragam alasan muncul begitu Ramadan berlalu seminggu. Biasanya kalo masih minggu pertama gini, alasan gak ke masjidnya karena “masih kenyang nih habis buka puasa. Taraweh di rumah aja deh” atau karena buka bersama. Nah, bentar lagi, minggu ke dua dan ketiga, alasannya sudah bukan lagi malas. Tapi berburu baju baru.

Sumber : Google

Kenapa ya, kalo lebaran harus pake baju baru?


Kalo menurutku, ini hanya budaya saja. Dulu, pas masih kecil, aku termotivasi untuk belajar puasa full karena iming2 baju baru. Takut gak dibelikan baju baru kalo gak ikutan puasa. Jadi sampek sekarang rasanya kalo lebaran gak pake baju baru tuh rasanya gimanaa  gitu. Padahal gak lebaran pun, beli baju baru jugaknya ya kan. Biasa2 ajanya rasanya. Tapi ya gitu lah. Udah kayak budaya yang udah erat banget. Jadi susah dilepasnya.

Sumber : Google
Sejatinya, lebaran adalah perayaan karena kita sudah mampu melaksanakan puasa sebulan penuh, dan tekun beribadah. Nah, baju baru itu ibarat reward atas diri kita sendiri. Aku emang suka gitu, sih. Memberi hadiah untuk diriku sendiri. Biar semangat makin menggebu. Jadi untuk baju baru lebaran, itu kuanggap sebagai penghargaan atas pelaksanaan puasa dan amal ibadah lain yang kumaksimalkan di Bulan Ramadan.

Mungkin ini juga yang ada dipikiran kalian.

Tapi... karena baju baru, shaf sholat tarawih di masjid semakin hari semakin menyusut. Yang ada di dalamnya hanya uwak2, atok2, nenek2, dan mereka yang usianya sudah di atas paruh baya. Kemana yang lainnya? Melakukan transmigrasi dari tempat yang padat (masjid) ke pasar dan mall (yang tadinya lapang). Akhirnya, masjid jadi sepi, dan mall malah jadi padat.
Sumber : Google

Coba deh perhatikan di minggu kedua dan ketiga nanti. Masjid semakin lapang, jalanan semakin rame, mall makin padat, dan toko baju nambah karyawan. Semua berburu baju baru untuk di pakai di hari nan fitri.

Aku udah kepikiran sama hal ini dari jauh2 hari. Kemaren malah sempat kepikiran mau beli baju lebaran sebelum masuk Ramadan. Tapi karena satu dan lain hal, jadi belum kesampean. Mungkin kamu juga berpikiran sama. Jadi, kita upayakan yuk, untuk nggak bikin masjid sepi gegara hunting baju baru. Kita upayakan ke mall-nya siang hari. Jadi malamnya sempat taraweh.

Jangan sapek karena baju baru, kita ketinggalan melaksanakan amalan2 yang cuman ada di bulan ini doang. Rugi bandar! Mari manfaatkan Ramadan kita sebaik mungkin. Semoga kita bukan bagian dari pelaksanaan transmigrasi jamaah dari masjid ke mall. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar