Selasa, 10 Januari 2017

MY JOURNEY - MENYENTUH PUNCAK SIBAYAK JILID II

Batu ku sayang, batu ku malang. Coretan sana sini. T_T

Aku bukan anak pecinta alam yang doyan naik turun gunung. Rasanya setiap kali menuliskan kisah tentang pendakian, aku harus menegaskan kalimat itu di awal. Biar orang-orang pada gak salah paham. Hehe. Biar kalo ada yang tertarik gegara ngira saya emang perempuan extra ordinary yang gila hiking, langsung mundur teratur sebelum kena zonk. Hahahatsyim.

Kau mainkan untukku

Sebuah lagu tentang negeri di atas awan

Dimana kedamaian menjadi istananya

Dan kini tengah kau bawa

Aku menuju kesana

(Katon Bagaskara – Negeri Di Atas Awan)

Biar agak romantis gitu, bolehlah pake pembuka lagu romantisnya Katon. Hihihii..

Yaaahh, bisalah mewakili cerita pasangan yang disamping ini. ciciiieeee... cuit..cuit..

Sibayak itu gunung yang ramah banget untuk pendaki pemula. Jadi biar kata kita gak pernah hiking, dan kemudian harus hiking ke tempat ini, pasti bakal bisa deh. Yang namanya mendaki itu pasti gak segampang ngebalikin telapak tangan. Capek, lelah, pegel, segalanya. Tapi tentu, dibalik itu semua, ada sesuatu yang lebih berarti. Gaes, puncak itu hanya bonus. Yang lebih penting dari segalanya adalah perjalanan. Proses.

Aku serius loh. Kita hiking memang tujuannya itu ke puncak. Pas masih di bus aja, aku udah kebayang-bayang gimana cantiknya sunrise esok pagi yang kudapati di puncak. Aku udah kebayang bakal menikmati merah saga matahari, udah kebayang gimana angin gunung menerpa wajah dan memainkan ujung kerudung. Trust me, membayangkan hal-hal ini bikin semangat kita nambah berkali2 lipat.

Tapi pemirsaaah, menuju puncak itu ternyata pake perjuangan banget. Aku udah bilang kan aku bukan perempuan yang hobi atau udah biasa sama yang namanya hiking. Diajakin jogging di jalan datar aja aku ngos-ngosan. Apalagi hiking? Jalan kaki sih. Tapi medannya, vroh.. nanjak!

Sebenarnya mobil dan motor udah bisa naik sampai kaki gunung Sibayak. Hanya saja, kemaren aku dan
teman-teman memilih jalan kaki. Bisa jadi karena kami sedang menantang diri kami sendiri, bisa jadi karena memang kami (tepatnya aku) ngerasa horror aja kalo naik motor malam-malam. Iya, kebetulan kami berangkat jam 8 malam dari Medan. Bisa jadi ini sebenarnya perhitungan waktunya salah.

Puncak Berkabut
Menu sarapan kitaaa... :D
Perjalanan menuju Brastagi, sudah memakan waktu 2 jam, kemudian naik ke kaki gunung dengan angkutan kota sekitar 15 menitan, terus jalan kaki sampai pintu rimba sudah hampir setengah jam. Kemarin kebetulan kami banyak berhenti. Maklum, jalannya gak Cuma jauh, tapi mendaki. Kebetulan ada beberapa teman juga yang belum pernah ke Sibayak sebelumnya, jadi badannya kaget mungkin dibawa jalan sebegitu jauh. Maklum aja, biasa mainnya ke mall, ini malah ke gunung. Wkwkwk.

Kami tiba di atas sekitar jam 2 pagi. Hari itu suasana Sibayak gak serame saat pertama kali aku kesana. Kemarin, Sibayak itu gak ubahnya kayak pasar malam. Rame banget. Sorot lampu senter dari setiap tenda, suara teriakan sahut-sahutan, suara orang ngobrol, ketawa-ketawa, suara petikan gitar. Pokoknya rame.  Nah, kemarin suasananya agak sepi. Kalo kata kawan, suasananya memang agak sepi, mungkin karena di Medan lagi musim hujan, mereka ngira di gunung juga hujan. Terus lagi, kita nyampek udah larut banget. Ya orang-orang udah tidur cantik di tenda masing-masing.

Paginya, pas mau berburu sunrise, aku mulai ngeh kenapa Sibayak sepi. Kabut tebal dan angin kencang menyapa saat kami keluar tenda. Dinginnya nyes! Berbekal jaket tebal dan kamera di tangan, kita bergegas. Ceritanya kita semangat-semangat aja naik ke puncak biar kata kabut tebal gini. Sampe salah satu dari kita ngomong, “percuma kita ke atas. Gak ada matahari. Mendung. Pemandangan juga gak nampak. Kabutnya tebal kali.” Akhirnya personil kami nambah satu, “Kecewa.”

Waktu aku hiking ke Sinabung, zaman S1 dulu, aku pernah dengar mitos yang dibilang anak Mapasta UIN SU, “kalo baru pertama kali, biasanya memang berkabut. Mungkin biar kelen datang lagi.” Boleh percaya, boleh nggak. Judulnya juga mitos. Pas aku perdana ke Sibayak, cerah tuh. Malah kali kedua yang kabut. Tapi ini memang kali pertama buat beberapa teman. Jadi yaaa... gitulah.. payah cakap adek, bang!

Jadilah hasil pendakian kemarin gak menghasilkan foto-foto cetar membahana seperti yang lalu. Tapi terlepas dari itu semua, seperti yang kutulis di awal. Puncak hanya bonus. Perjalanannya itu poinnya. Gimana kita lelahnya, gimana kita ngerasa dengkul nyut-nyutan. Nyandang ransel pulak. Pas haus gak berani banyak-banyak minum, takut beser. Hahahahah. Tapi semangat kita tetap menyala. Kita tetep terus jalan, walaupun pas lagi lelah-lelahnya, yang kebayang di kepala itu emak, dan nikmatnya rebahan di atas kasur di kamar tercinta.

Teman-teman yang sudah pengalaman, alhamdulillah, maklum dengan kondisi kita yang kelelahan, dan mengizinkan kita banyak berhenti buat istirahat. Padahal menurut jadwal yang sudah mereka rancang, kita sudah molor banget. Tapi mereka gak ninggalin kita. (Aku jadi percaya sama quote “Jika ingin tau seperti apa temanmu, ajak mereka mendaki gunung.) Mereka legowo menerima kita sebagai teman seperjalanan, dan pada akhirnya kita, yang amatiran ini mulai malu banyak-banyak istirahat. Kita jadi memacu diri kita untuk berjuang lebih keras. Kita memaksa diri kita untuk gak manja. Dan lihat, kita berhasil menjajaki tubuh Sibayak di tengah gelap dan dinginnya suhu!

Kebayang nggak sih, aku yang klemak klemek ini bisa nyampek puncak? Hahahaha. Gak usah ikutan ketawa. Emang sih Sibayak itu udah mainstream banget. Dan katanya anak alay aja bisa nyampek Sibayak. Iya. Oke fine. Ember. Tapi aku kan bedaaa. Beda apanya? Beda ajaa.. wkwkwkwk..

So, gaes, di penghujung tulisan ini, biar kamu gak jadi muntah, maka akan kututup dengan syantik pake quote penting untuk kita yang mengaku cinta alam, dan ingin menjaga kelestariannya buat generasi-generasi setelah kita.

“Dont leave anything but footprint, dont take anythig but picture, dont kill anything but time.”