Sabtu, 26 Mei 2018

JUZ CADANGAN


#CeritaRamadanKu #Day5

Bismillahirahmanirrahim.

Ketinggalan beberapa hari nulis nih. Habisnya alhamdulillah beberapa hari ini disibukkan dengan urusan sekolah. Malam ini, habis tadi menyiapkan sajian buka puasa dan makan malam keluarga, akhirnya bisa buka laptop lagi. Soalnya lagi dikasi keistimewaan sama Allah, jadi gak ke masjid dulu. Hehe.

Ngomong2, malam ke sepuluh ramadan, sudah sampai juz berapa bacaan Quran-nya? Semoga istiqomah ya. Minimal satu kali khatam. Sayang banget kalo gak manfaatin bulan dimana semuanya dilipat gandakan ganjarannya.

Sekarang kita mau ngobrolin juz cadangan. Juz loh ya. Bukan jus. Hehe. Bukan pemain bola aja yang butuh cadangan, bacaan Quran kita pun butuh cadangan. Biar gak bingung, yuk simak.. ^_^

Biasanya, tekhnik untuk mengkhatamkan Al-Quran yang sudah banyak kita tahu kan baca satu juz per hari, ya. Bahkan dari beberapa tahun lalu juga sudah banyak digaungkan gerakan ODOJ alias One Day One Juz. Itu loh, gerakan membaca Quran satu juz per hari.

Jadi, jumlah halaman dalam satu juz Al-Quran biasanya kan 10 lembar. Nah, biar bisa selesai dalam satu hari, setiap habis sholat kita baca dua halaman. Ini tekhnik yang pasti kita semua sudah pada tau, ya.

Yang perlu diperhatikan adalah, bulan mulia ini hanya berkisar 29 hari. Nah, ciwi2 harus memperhitungkan juga masa istimewanya. Kalo terpatok pada satu hari satu juz, bisa2 gagal khatam. Perhitungkan berapa hari biasanya kita mamnu’, kalo biasanya enam hari, maka kita harus punya cadangan enam juz.

Jadi gini, katakanlah masa istimewa kita biasanya enam hari. Jadi pada malam ke sepuluh Ramadan, yang harusnya kita baru menuntaskan sepuluh juz, maka paling tidak kita harus sudah menuntaskan tiga belas juz. Tiga juz lagi kita kejar setelah suci. Iya, kita gak bisa pake tekhnik one day one juz kalo beneran mau khatam. Kayak aku, mamnu’ di hari ini, di sembilan Ramadan, aku baru menuntaskan sebelas juz. Itu artinya juz cadangan yang aku punya hanya ada dua. Harusnya kalo mau lebih aman, juz cadangannya harusnya enam. Cuman kemaren emang gak kepikiran bakalan mamnu’ tanggal segini. -__-

Terus, gimana dong tekhniknya biar bisa punya juz cadangan?

Saranku, sementara, hapus aplikasi sosmed yang ada di handphone kamu!

Agak serem, ya. Hehe. Tapi inilah satu2nya jalan biar kita gak buang2 waktu secara percuma. Bayangkan, biasanya dalam aktivitas kita sehari2, paling nggak per satu jam sekali kita ngecek handphone, eventhough gak ada notifikasi apapun. Apalagi handphone jomblo. *Hahahhahahaha. Evil laugh*

Awalnya, kita niatnya ngecek doang. Nah pas ngecek gak ada notif, iseng2 bukan fesbuk. Sekalinya nyampe fesbuk, scroll... scroll.. scroll.. Eh, nampak akun gebetan, kepoin. Hmmm.. Kayaknya dia udah punya pacar. Siapa sih pacarnya? Kepoin lagi. Oke, lelah. Balik ke laman utama. Eh, status mantan nongol. Kepo lagi. Gimana ya kehidupan dia sekarang? Duh, kok jadi kepo ya. Cek ahh. Dan scroll lagi.. lagi.. lagi..

Tak terasa, satu jam berlalu begitu saja.

Itu kalo sosmed yang ada di handphone kita cuma sebiji. Bayangkan kalo ada empat biji. Ada fesbuk, instaglam, linee, dan wasap. Bosen buka fesbuk, buka instaglam. Bosen buka instaglam, buka linee. Bosen linee, buka wasap. Berapa banyak waktu terbuang? Kalo diakumulasi, bisa jadi dalam satu hari kita ngabisin waktu empat sampek lima jam cuman buat itu.

Nah, kalo waktu yang biasa kita pake buat sosmed-an dipake buat tadarusan, kira2 berapa banyak juz cadangan kita? Malah bisa khatam dua kali loh. Apa gak mantap, ya kan.

Tapi karena menghapus semua aplikasi sosmed sekaligus itu agak ekstrim, paling nggak hapus dua atau tiga. Tetap aktifkan satu buat komunikasi. Dengan demikian insya Allah akan tidak lagi terlalu banyak waktu terbuang.

Tetap semangat tadarusan yaa.. Masih ada sekitar tiga mingguan lagi untuk mempersiapkan juz cadangan. Semoga istiqomah untuk menghidupkan Al-Quran dalam keseharian kita. Aamiin.
^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar