Jumat, 05 Oktober 2012

DEMAM GANGNAM


Hiyaaa..!!

Sorak sorai itu mengundang perhatianku yang tengah melintas di depan sebuah rumah berhalaman luas. Kulihat beberapa remaja laki-laki tengah dengan asiknya memperagakan sejenis tarian aneh. Layaknya seperti orang yang sedang memacu kuda,.menggerak-gerakkan tangan yang terulur keatas dan bawah sambil menghentak-hentakkan kaki. Sesekali memutar-mutarkan tangan kanannya di udara. Aku terus memperhatikan. Heran. Tapi lucu bener gerakannya. Aku sampe ketawa sendiri. Dan mereka malah ikutan ketawa pas aku ketawain.

Kemarin, aku belum mengerti apa yang mereka lakukan. Meki heran, aku hanya diam. Mengira kapasitas kreatifitas di kepala mereka sedang membludak, jadi mengekspresikannya dengan berjoget ria seperti itu. Tapi ternyata setelah tarian itu mulai merebak di dumay (baca : dunia maya), dan bayak dibicarakan di infotainment, aku baru tahu, ternyata tarian itu bukan tarian iseng. Itu adalah Gangnam Style. Tarian aneh yang sedang sangat digemari semua orang di penjuru dunia. Kok bisa populer banget ya? Gimana ceritanya sih, kok bisa sampe orang yang gag tau Gangnam Style malah dianggap gag update? Yuk, kita lihat sejarahnya dulu.

Jadi, tarian yang mirip pacuan kuda ini berasal dari Korea Selatan sana. Kebayang gag, dance keren asal korea seperti yang ditawarkan boy band dan girl band asal korea itu ternyata bersaing dengan tarian lucu nan aneh. Tarian ini diprakarsai—ceilaa, bahasa gue—oleh seorang rapper bernama Park Jae Sang, atau yang lebih dikenal dengan nama PSY.  Ia menarikan gangnam di dalam video klip terbarunya. Dan sontak dunia dibikin heboh dengan kocaknya tarian tersebut. Musiknya yang menghentak dan enak buat menggoyangkan badan menambah serunya gangnam ala PSY ini. Di video klip itu, bukan cuma cowok-cowok yang asik joget Gangnam, cewek-ceweknya juga. Dan kesan pertama waktu aku ngeliat, aku cuman bisa melongo. Entah itu karena takjub, heran, menikmati, atau malah mau muntah. Eh, tapi aku gag buru-buru lari ke kamar mandi kok, berarti aku gag jadi muntah.

Tarian itu gag butuh waktu lama loh buat mendunia. Gag cuma di Indonesia, di Negara lain pun Gangnam lagi seru-serya. Malah, kemaren aku lihat di tivi, Beyonce diajarin Gangnam langsung sama PSY. Ohh God. Sebegitu tenarnya sekarang PSY dengan tarian khasnya itu.

Nah, demam itu juga yang sedang melanda beberapa orang teman. Yang cewek-cewek nih. Kalo yang cowok mah udah biasa. Saking demennya sama Gangnam, waktu kami liburan ke Berhala Island pun, mereka gag lupa berpose ala Gangam di atas batu-batu besar. Bener-bener dah Gangnam itu.
ini tiga dari ribuan orang yang sedang demam gangnam

Balik ke temen-temen cewek tadi. Lo bayangin dong, dengan balutan jilbab yang terjulur mereka dengan gila ikutan beratraksi memainkan tarian pacuan kuda itu. Memang, area ini khusus cewek saja yang bisa lihat. Cuma, ihh, gila apa. Kalo joget Shuffle Dance mah aku juga suka. Seru. Sekalian olahraga. Tapi kalo Gangnam?  “Hello?? Lo itu cewek, pake kerudung lagi”, jerit hati kecilku begitu otakku iseng pengen ikutan joget pacuan kuda itu. Sekalipun pas di kamar, saat tak ada orang lain yang ngeliat rasanya kok bener-bener aneh gitu ya kalo aku ikutan Gangnam?  Eh, tapi terlepas dari itu semua, aku bisa-bisanya tanpa sadar sering mendendangkan—alamak, bahasa lu, litaa—lirik lagunya PSY.

‘Heeeeyyy, sexi lady’ atau ‘op..op..opa gangnam style’

Pas sadar, aku jadi nyengir sendiri. Memang bener deh, kayaknya aku dan dunia lagi Demam Gangnam.

-__-“

Tidak ada komentar:

Posting Komentar