Minggu, 02 November 2014

Guru dan TIK ; Partner Terbaik Pendidikan

Oleh : Lita Maisyarah Desy, SE.I*

Pemutakhiran NUPTK
TIK dalam proses menunjang proses belajar mengajar. Hmm, membahas ini, saya teringat proses pemutakhiran NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) tahun 2013 lalu, kebijakan pemerintah yang satu ini cukup membuat para guru keteteran. Terang saja, kebanyakan mereka yang sama sekali buta IT dipaksa untuk mengaktivasi NUPTK mereka sendiri. Jika sebelumnya laptop, computer, internet, dan istilah-istilah kekinian yang dimata mereka hanyalah sekedar istilah. Maka kini, mereka justru dipaksa untuk  mahir. Dalam waktu singkat.

Padahal segala sesuatu yang dilakukan secara terburu-buru jelas tidak baik. Seperti pepatah arab, “al'ajalah minasy syaithan.” Artinya: tergesa-tergesa atau terburu-buru itu pekerjaan setan. Jelas, mustahil rasanya dalam hitungan hari untuk menguasai internet, mengotak atik situs padamu.siap.co.id dan menyelesaikan verval NUPTK. Tapi, waktu yang terbatas memaksa untuk berfikir instan. Maka dibayarlah mereka yang menguasai IT  untuk menyelesaikannya. Simple. Hanya dalam waktu satu jam, NUPTK aktif. Tapi, apa ini yang diinginkan pemerintah melalui kebijakan menerapkan system online ini?

Selain karena IT lebih efektif dan efisien, dan mengandung tingkat kekeliruan minimum untuk mendata semua guru di seluruh Indonesia, pemerintah menerapkan system online dalam pemutakhiran NUPTK. Agar para guru yang merasa gaptek segera meng-upgrade pengetahuannya, merasa terangsang untuk mampu di bidang tekhnologi informasi. Sebagai pendidik di era digital, sudah suatu keharusan untuk menguasai dunia digital. Sulit dibayangkan jika siswa lebih paham IT ketimbang gurunya sendiri. Nyatanya, sepertinya pemerintah kita harus membuat tambahan program.
Dari wacana di atas, saya kemudian merenung. Bagaimana bisa TIK menjadi penunjang proses belajar mengajar jika para pendidik belum mahir menggunakannya? Lantas, saya teringat IndiTIK. Programnya sangat membantu para guru untuk mahir menggunakan tekhnologi informasi. Kompetisi menulis artikel ini juga salah satu perangsang agar para guru mulai mengenal blog, mengenal dunia internet. Semoga blogger dari kalangan guru meningkat pesat setelah ini.

Kegiatan Pembelajaran Dengan In Focus
Kembali ke topic, TIK sebagai penujang proses belajar mengajar. Ya, tekhnologi jelas menjadi salah satu factor suksesnya proses belajar mengajar. Mengingat minat anak didik yang cenderung menyukai tekhnologi, mereka akan lebih mudah menyerap pelajaran yang kita sampaikan lewat tekhnologi. Saya katakan minat, karena mereka memang terlahir di era tekhnologi. Maka lumrah jika ketertarikan mereka lebih tersedot pada tampilan in focus dari pada media kertas karton.

Media Kertas Karton
Menurut penelitian, system belajar menggunakan media audio visual dapat membuat anak lebih cepat menangkap pelajaran. Seperti pepatah, “kamu dengar, kamu lupa. Kamu lihat kamu tahu. Kamu paham, kamu kerjakan.” Jika pelajaran hanya disampaikan melalui lisan sang guru saja, atau hanya sekedar memberikan media non tekhnologi, siswa hanya sekedar mendengar. Tapi jika kita suguhkan media audio visual dengan in focus, memperlihatkan pelajaran dengan slide power point yang menarik, sangat besar kemungkinan si anak suka. Dan kunci untuk memahami pelajaran, bukankah harus menyukai terlebih dahulu pelajaran tersebut?

Kita tidak bisa bermimpi dalam hitungan hari para dewan guru sudah mampu menguasai system informasi dan komunikasi. Tapi jika sekolah mendukung penuh, contohnya dengan menyiapkan in focus, saya yakin para guru akan terpacu. Seiring berjalannya waktu, maka kita, guru-guru Indonesia akan mampu membaur dengan era digital.

Demi anak-anak didik kita, para penerus bangsa, mari kita tingkatkan mutu kita, upgrade pengetahuan kita, dan jadikan diri kita guru multi talenta. Semoga pendidikan di negeri ini semakin baik kedepannya.


*) Penulis adalah guru di SMP Muhammadiyah 06 Belawan, Sumatera Utara

4 komentar:

  1. Wah.. Gurunya cantik & ngeksis. Salam edukasi..

    BalasHapus
  2. Menarik sekali Bu Judulnya ! Bermanfaat buat dunia pendidikan !
    Salam penuh perjuangan ! Semoga Sukses !
    http://iwansmtri.blogspot.com/2014/10/tik-jadi-sahabatku-dalam-mencerdaskan.html

    BalasHapus