Rabu, 07 Oktober 2015

MY JOURNEY – AIR TERJUN SIPISO-PISO, TONGGING, SUMATERA UTARA

Aku pernah bilang kalau aku bukan pecinta alam yang sebenar-benar pecinta alam. Sebelum kalian berfiir aku adalah perempuan yang hobi jalan dan mengeksplore alam, yang nge-trip pake motor, dan hobi menjelajah hutan, mendaki gunung, menyelami lautan, dan seorang perempuan yang pake kaos ‘My Trip my Adventure’ dengan tampang meyakinkan untuk benar-benar berpetualang dengan kakinya sendiri. That’s not true exactly. Aku Cuma seorang pejalan yang suka, yang senang menikmati keindahan Indonesia dengan gayaku sendiri. Passion ku yang suka jalan-jalan, kemana saja, membawaku ke tempat-tempat yang memamerkan keindahan alamnya, bisa jadi cuma kebetulan saja.

Aku perempuan yang suka jalan-jalan. Senang melihat sesuatu yang baru. Kemarin dulu, aku juga suka petualangan. Tapi mungkin passion itu baru ter-eksplore di tahun ini. Kalo dulu-dulu jalannya ke mall dan ke café, belakangan berubah haluan jadi ke wisata alam. Diawali dengan perjalanan pertama di awal tahun ke Pelaruga, dilanjutin ke Danau Linting di bulan selanjutnya, sampe puncak Sibayak, terus lagi ke Tiga Ras, Simarjarunjung, Pantai Binasi Sibolga, nge-trip malam ke Penatapan dan Sidebuk-debuk, dan kemarin baru saja menyelesaikan perjalanan ke Tongging buat menkmati indahnya air terjun Sipiso-piso dari dekat.

Kalo udah flashback ke belakang gini, aku bener-bener ngerasa beruntung. Allah baik banget udah ngasi nikmat sebegitu banyak, ngasih kesempatan sebegitu banyak untuk menikmati ciptaanNya. Fabiayyi ala’irabbikum tukadzibaan. Sungguh tiada secuilpun nikmat yang kudustakan, Rab.

Balik lagi  ke opening. Aku cuma mau meluruskan pandangan kamu tentang aku yang suka jalan-jalan ini. Kalo kamu berharap aku adalah petualang sejati, mungkin kamu akan kecewa. Aku suka jalan-jalan, bukan berarti aku cinta dengan perjalanan ekstrim yang menguji adrenalin. Hmm, apa istilahnya ya? Aku traveler yang kemana-mana mengutamakan kenyamanan. *Adek gak siap kalo abang ajakin menjelajah hutan belantara, atau mendaki puncak gunung tertinggi. Wkwkwk.

Hobby jalan ini juga gak berarti aku musuhan sama high heels, ya. Hahhaa. Cewek tetaplah cewek. Jalan-jalan sih jalan-jalan, tapi diluar itu, make up, heels, gaun? I love it. Jadi traveler gak bakal mengubah cewek feminine jadi tomboy kok. Hanya, kita harus selektif memilih teman seperjalanan.
Oh iya, sebagai perempuan yang casing-nya gak keliatan sebagai sosok petualang, mungkin akan ada banyak suara sumbang yang ngomentarin perjalanan kita. Umumnya mereka memang hanya bersuara dari balik layar. Kalemin aja, anggep suara-suara itu ada karena mereka sayaaaaaaang banget sama kita. Hahaha. Kenapa kalem? Karena mereka bicara seenak udel, tanpa tau kadar kebenaran omongan mereka itu gak lebih banyak dari 0%. Parahnya, yang dengerin pake ngangguk2 percaya. -_-

Kali aja mereka ngira kita jalan pake motor, diboncengin cowok, berdua doang. Hellllooooowwww??? Wkwkwkwk… itu orang yang ngomong gak update kali yaa? Gak punya fesbuk, gak punya BBM, gak punya twitter, gak punya Instagram yaaa?? Wkwkwkwk… #BukanCurhat #AbaikanSaja :v

Jangan terlalu mengkhawatirkan aku. Setiap perjalanan, aku selalu mengantongi izin dan ridho kedua orang tuaku. Aku berjalan bersama mereka yang kupercaya, dan insya Allah aku selalu kembali tanpa kekurangan suatu apa. *ini mau nyeritain perjalanan nge-trip apa curhat colongan, sik? :v

Well, yap, dengan alasan mau manfaatin liburan Idul Adha yang lumayan lama, dan rugi banget kalo gak dipake nge-trip, akhirnya kita, tim yang sama waktu jalan di wonderful night trip, mutusin kembali jalan. Rapat yang kita gelar via BBM grup yang cukup alot, akhirnya menyimpulkan kita bakal nge-trip ke Tongging, menyambangi air terjun Sipiso-piso. *eh, bahasanyaaa… tim? Rapat? :v
Seperti biasa kita kesiangan berangkatnya. Hahaha. Jam sebelas masih di tengah kota Medan yang nggak tau kenapa bisa macet jam segitu. Thank God, driver kita kali ini jago balap. Jadi nyampe lokasi jam setengah 3 sore. Sempat Dzuhur di lokasi, Alhamdulillah.

Well, perjalanan yang sebenarnya bukan dari Medan ke lokasi, tapi dari tempat parkir ke lokasi tempat kita bisa menatap si cantik yang gagah dari dekat, air terjun sipiso-piso. :”D

Tangga buat turun ke bawah itu brapaaa?? Ratusaaaann… Hahhaha… Makanya gak heran kalo banyak turis yang mengabadikan moment indahnya air terjun Sipiso-piso dari atas. Tapi bukan kita namanya kalo nggak bener-bener ngedapetin kepuasan kalo udah nge-trip. Kita dengan semangatnya jalan ke bawah, sambil sesekali foto. Awalnya sih masih semangat, masih bisa cepat geraknya. Lama-lama, dengkul mulai dangdutan. Wkwkwk. Padahal ini masih cerita pas turun, loh. :v

Banyak yang nyerah untuk turun sampe ke titik terendah karena alasan gak sanggup. Lah kita? Sebenernya udah gak kuat sih, tapi ya ampuun, itu air terjun udah di depan mata, masa gak mau disamperin?

Dan lelah terbayarkan dengan indahnya pemandangan. Ngerasain percikan air terjun yang udah kerasa dari jarak sekian meter, ngerasain angin kencang yang ngebikin badan goyang pas ngambil foto di atas batu, melihat dari dekat tajamnya Sipiso-piso menikam, dan merasakan aliran airnya yang membentuk sungai. It’s so amazing. Really really amazing.

Berbekal semangat yang udah di cas dengan foto sepuasnya, kita naik dengan hati gembira. Di gembira-gembira-in maksudnya. Bayangin aja sih, baju udah basah semua, kan jadi berat. Terus, jalan ke atas berapa anak tangga?? Hahaha.. kalo inget itu, kepingin ketawa sendiri. Lucu aja, seorang aku yang haaahh… ntah lah, payah bilang… bisa turun dan naik lagi, melewati anak tangga yang banyaknya gak kira-kira itu sendiri. tanpa bantuan orang lain. Sesuatuuu… :v

Perjalanan kali ini perjalanan yang seru. Apalagi kebetulan aku emang lagi kepingin menyambangi air terjun. Eh, kesampean. Duh, Gusti Allah, aku terharu, Engkau selalu memenuhi pintaku tanpa memandang banyaknya dosa-dosaku. Ahh, entah harus terharu atau malu. T_T

Well, guys, thank for the nice trip. Semoga rezeky kita terus dimudahkan  biar bisa nge-trip lagi yaaa.. Aamiin.. :D











2 komentar:

  1. expected dari air terjun. tempatnya natural yaa hihi jadi pengen main-main ke air terjun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, natural banget. bikin fresh pikiran dan bikin semangat buat mulai kerja lagi. :)

      Hapus