Rabu, 31 Juli 2013

AKU PENGEN KE JOGJA ^o^


Kalau ada istilah untuk orang yang pengeeen banget keluyuran keluar kota demi menikmati keindahan yang terhampar disana tanpa menguras kocek yang gede, --selain backpacker dan pelancong—aku kayaknya cocok buat ngedapetin atau make istilah itu. Kenapa? Kayaknya tanpa dijelasin juga udah pada tau dong ya? *nyengir

Yah, begitulah. Obsesi aku buat jalan-jalan keluar kota, keluar pulau Sumatera bikin aku nguras ide buat nyari sebutan yang pas. Soalnya aku bener-bener gak pantes buat ‘backpacker-an’. Alasan yang paling mendasar, nih. Backpacker itu bawanya ransel, nah aku, bukan cuma ransel, koper juga dibawa. Dan gak pantes buat make nama ‘pelancong’, soalnya dompetku gak tebel-tebel amat. -_-“

Belakangan, destinasi yang paling pengen aku kunjungi adalah Jogja dan Makassar. Berhubung belum pernah sama sekali, jadi agak alay memang. Maklum aja deh ya. Hehehe. Aku terpesona banget sama keindahan Pantai Parangtritis-nya Jogja dan Pantai Losari-nya Makassar. Bukannya di kotaku, Medan gak ada pantai sih. Banyak malah. Tapi, ya, kadang-kadang, rumput tetangga emang kelihatan lebih hijau dibanding rumput sendiri. *nyolong iklan*

Bus TransJogja
Nah, pas ngubek blognya Arga Litha, aku nemu artikel Uniknya Jogja. Wah, nambah pengetahuan nih. Kali aja ada rezeky buat plesiran kesana. Aku jadi tau, kalo naik bus Trans Jogja itu gak boleh bawa barang yang banyak. Dan kalo pun memang kebanyakan belanja souvenirnya, kan Malioboro dekat sama stasiun Tugu, jadi bisa dipaketin aja. Lebih gampang kan? 

Rujak Es Krim

Terus, aku jadi tau satu lagi kuliner Jogja yang kudu dicicipi. Rujak es krim. Seperti apa bentuknya? Aku juga gak tau sebelum ngulik blognya Arga. Hehehe. Dan lagi, aku juga jadi tau, kalo mau ke salon atau ke tempat refleksi, kudu ‘teliti.’ Jangan sampe ‘salah’ masuk. Lho? Kulik lagi deh blognya Argha. ;)

Selain ngebolang ke Pantai Parangtritis dan Malioboro, aku nemu dua lagi destinasi keren yang harus dikunjungi kalau kakiku menjejak Kota Pelajar itu. Dialah Istana Air Taman Sari dan Vredeburg, Benteng Perdamaian.

Istana Air Taman Sari

 Di Jogja yang masih sangat lekat dengan budayanya, aku gak bakal menyia-nyiakan waktu buat bersantai di pantai dan berburu oleh-oleh di Malioboro. Bukan cuma akan berkunjung ke keraton, tapi harus juga ke Istana Air Taman Sari. Aku bakal menyesap udara yang masih menawarkan aroma kerajaan. Menikmati setiap sudut  Taman Sari yang dibangunkan Raja Hamengku Buwono I untuk sang permaisuri yang telah membantu perjuangan selama masa perang. Sudah pastilah Taman Sari itu indah. Namanya juga hadiah buat orang yang dicinta, tho? 

Satu lagi, Vredeburg, Benteng Perdamaian. Seperti quote yang sering kudengar, bangsa yang hebat adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah. Dan generasi hebat, adalah generaasi yang menolak lupa pada sejarahnya juga. Jadi, museum juga adalah destinasi yang jangan sampai terlewat. Kalau dulu, perspektif-ku tentang museum adalah tempat belajar alternatif buat siswa-siswa sekolah dasar, sekarang berbeda. Ternyata ada museum yang tidak membosankan.

Vredeburg, Benteng Perdamaian
Dan taraaaa… Inilah dia, Vredeburg. Tidak hanya menambah isi kepala dengan pengetahuan-pengetahuan yang bisa kita gali disana, mata juga disuguhi pemandangan yang seru. Dengan empat diorama, tersaji pemandangan berbeda pula. Dan keempatnya kudu di jelajahi semua. Gak peduli kata Artha yang di diorama empat itu sedikit ‘seram.’ Yang penting semuanya kudu diabadikan dengan mata sendiri, selain oleh mata kamera. :D

Well, itulah tiga artikel termenarik versi aku yang memang kebetulan sedang amat sangat pengen berkunjung ke Jogja. Walaupun belum tau nih, kapan ada langkah buat kesana, paling tidak aku sudah punya gambaran destinasi apa saja yang akan kutuju nantinya. Dan yang paling penting, udah tau kalau belanja oleh-olehnya kebanyakan, tinggal di paketkan via kereta aja di Stasiun Tugu. Hehehe. 

Setelah membaca ulang artikel ini, aku semakin pengen ke jogja. Beneran!

Mungkin setelah destinasi keluar kota pertama kali tahun ini ke Bandung, aku harus menyiapkan jadwal untuk destinasi selanjutnya, Jogja. 

Yah, setelah Kota Kembang, Kota Pelajar akan menjadi tujuan selanjutnya. Kota Daeng masuk urutan setelahnya. Hehehe.


5 komentar:

  1. waaah pengen ke sana ya? saya sih setahun nyasar di sana :D
    Semoga lekas tercapai, liburan ke Jogja :)

    terima kasih yaa sudah terdaftar ^^ tunggu pengumuman pemenangnyaa di bulan Agustus :)

    BalasHapus
  2. yok main ke jogja yok, banyak yang bagus kok di jogja #promo

    BalasHapus
  3. Whuuaaa... baru sadar lupa ngebubuhin saran. Alamat gag menang deh nih.. -_-"

    BalasHapus
  4. aku juga pingin ke jogja >.< udah lama nggak kesana

    Invite you to enter my giveaway
    Lotus Blossom Design Giveaway Win $50 gift card
    Hope you will join :) Thank you!

    New post Koleksi Terbaru Luch Luch Craft - Gantungan Binatang Lucu

    visit my blog
    www.luchluchcraft.blogspot.com
    www.tokoluchluchcraft.blogspot.com

    BalasHapus